F-PDIP DPRDSU Minta Masyarakat Hentikan Aksi Penolakan Jenazah Covid-19


188 view
F-PDIP DPRDSU Minta Masyarakat Hentikan Aksi Penolakan Jenazah Covid-19
Foto: SIB/Dok
Mangapul Purba
Medan (SIB)
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut Mangapul Purba meminta seluruh elemen masyarakat untuk menghentikan aksi penolakan pengebumian jenazah Covid-19, karena kekuatiran masyarakat akan tertular dari jenazah.

"Tidak perlu kita menolak dikebumikan di pemakaman umum sekitar wilayah pemukinan kita. Kita tidak akan tertular dari jenazah Covid-19 . Kita cukup menjaga jarak aman dengan ambulan dan tidak kontak langsung dengan petugas ambulan agar tidak tertular," ujar Mangapul Purba kepada wartawan, Senin (13/4) di DPRD Sumut menyikapi maraknya penolakan jenazah Covid-19 di berbagai daerah di Sumut.

Mangapul juga mengajak masyarakat agar mendengarkan imbauan dari pemerintah terkait jenazah Covid-19 yang tidak akan menularkan virus Corona, jika masyarakat menjaga jarak. Jadi alangkah bijaknya, jika masyarakat tidak menolak penguburan jenazah di lokasi pekuburan umum di sekitar mereka.

Selain itu, Mangapul juga mengingatkan Pemprov Sumut maupun Pemkab/Pemko agar memberikan edukasi yang konkrit ke tingkat akar rumput agar masyarakat paham. Jangan sampai penolakan jenazah menimbulkan kerawanan sosial baru di tengah pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, penolakan jenazah Covid-19 akhir-akhir ini terjadi dimana-mana dengan alasan jenazah dapat menularkan virus Corona, padahal sesungguhnya ketakutan tersebut tidak tepat dan hanya akan menjadi problem sosial baru di tengah-tengah masyarakat.

Kata Mangapul, menurut medis, penularan Covid-19 bisa melalui droplet yang muncrat melalui batuk dan bersin. Tapi jenazah sudah tidak bisa batuk dan bersin, sehingga dipastikan tidak ada lagi droplet muncrat sebagai media penularan. Berarti jenazah tidak lagi bisa menularkan.

"Yang kedua harus dipahami bahwa virus Corona tidak bisa loncat sendiri dan hanya bisa menular lewat kontak langsung. Selama tidak menyentuh jenazah, berarti aman.

Ketiga, virus tidak bisa terbang di udara, tapi hanya bisa menempel di benda mati. Asalkan masyarakat tidak menyentuh langsung Ambulance atau salaman dengan petugas, berarti tetap aman” kata Mangapul. (M03/c).


Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com