FPDIP DPRD Langkat: BPBD Harus Bersinergi Menangani Banjir di Langkat


353 view
FPDIP DPRD Langkat: BPBD Harus Bersinergi  Menangani Banjir di Langkat
Foto SIB:Lesman Simamora
Refleksi: Refleksi 1Tahun Fraksi PDI Perjuangan DPRD Langkat bersama BPBD dan Dinas Sosial Langkat, terkait penanganan banjir digelar di Kantor DPC PDI Perjuangan Langkat, Rabu (30/12).
Langkat (SIB)
Fraksi PDI Perjuangan DPRD Langkat Periode 2019-2024 menggelar refleksi satu tahun, terkait penanganan dan dampak banjir di Kab Langkat, termasuk solusinya.

Acara ini turut dihadiri dinas terkait, seperti Dinas Sosial dan Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, sementara dinas PUPR Langkat tidak hadir.

Ketua DPC PDI Perjuangan Langkat, Ralin Sinulingga SE, yang juga Wakil Ketua DPRD Langkat itu meminta pejabat dinas terkait agar menyampaikan capaian-capaian apa yang sudah dilakukan dalam penangangan banjir. Apalagi hampir setiap tahun terjadi banjir di Langkat yang dampaknya merugikan perekonomian masyarakat dan rusaknya infrastruktur jalan bahkan ada jembatan ambruk.

Pengalaman saya, lanjutnya, ada infrastruktur yang rusak akibat diterjang banjir pada tahun lalu. Oleh instansi terkait dibuat anggaran untuk biaya perbaikan, tapi ironis, pada pertengahan perbaikan proyek, justru anggaran tadi tidak cukup, sehingga proyek itu terbengkalai hingga saat ini.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi DPRD PDI Perjuangan, Sandrak Herman Manurung SSos menyoroti sinergitas antara dinas terkait dinilai kurang baik.
"Ketika terjadi banjir, pejabat antar dinas terkait dinilai tidak sinkron bahkan tidak jarang saling lempar bola, sehingga akan berdampak terhadap melambatnya penangan banajir di lapangan," ucapnya.

Untuk itu, kata dia, BPBD, Dinsos serta dinas terkait lainnya harus bersinergi dalam penanganan banjir, termasuk penyediaan anggaran.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Langkat, Romelta Ginting SE, menilai ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki BPBD Langkat masih kurang.

Dikatakan, ada permasalahan yang dihadapi BPBD dalam penanganan banjir, untuk itu tolong disampaikan dengan sejujurnya agar Fraksi PDIP DPRD Langkat berusaha untuk mendorong Pemkab Langkat guna mencari solusi guna mengatasi masalah tersebut, ucapnya. Dia juga menyesalkan pihak PUPR dan Bappeda Langkat tidak hadir dalam acara itu.

Menjawab pertanyaan dewan, Iriadi, mewakili Kepala BPBD Langkat, mengutarakan bahwa pihaknya telah berupaya menjalankan tugas dan fungsi instansinya dengan baik.

Setiap terjadi bencana, baik banjir maupun angin kencang, pihaknya tetap siap siaga dalam tiga tahapan, pra, saat terjadi bencana dan pasca bencana.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga melakukan evakuasi terhadap warga yang menjadi korban banajir, sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat, rekonstruksi dan mengusulkan rehabilitasi infrastruktur jalan dan jembatan ke pihak dinas terkait.

Namun demikian, kata dia, pihaknya sangat terbatas dalam melaksanakan tugas khususnya dalam pengadaan anggaran dana sosial. "Anggaran dana Bansos di Dinas Sosial Langkat, sangat terbatas," ucap Iriadi.

Senada dengan itu, Suryadi mewakili Kepala Dinas Sosial (Dinsos), dia mengatakan pihaknya juga telah berusaha melakukan tugas pokok dan fungsinya, terkait bencana dan penanganannya.

Dinsos, kata dia, selain hanya penanganan paska bencana, pengungsian dan penyerahan logistik, pihaknya melakukan kerjasama yang baki dengan BPBD, Camat, Lurah.

Sebetulnya, lanjutnya, dana anggaran bantuan tidak ada yang tersedia di Pemkab Kab Langkat, tapi bantuan itu bisa didapat dari kementerian Dinas Sosial (Dinsos) Provsu, setelah dilakukan kordinasi.

Dalam acara ini tujuh anggota DPRD Langkat dari Fraksi PDI Perjuangan Langkat, turut hadir yakni, Ralin Sinulingga, Romelta Ginting, Sandrak Herman Manurung, Juriah, Hotlan Sitompul, Yusuf Tarigan, dan Fimanta Ginting. (M25/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com