FPDIP DPRD Langkat Nilai Kinerja Dinas PUPR Tidak Optimal


290 view
FPDIP DPRD Langkat Nilai Kinerja Dinas PUPR Tidak Optimal
Internet
Logo Dinas PUPR
Langkat (SIB)
Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Langkat, Sandrak Herman Manurung S Sos menilai kinerja Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kab Langkat tidak optimal.

Kinerja Dinas PUPR Langkat dinilai tidak optimal, ditandai dengan sejumlah proyek pembangunan yang bersumber dari APBD Langkat T.A 2020, seperti jembatan, parit beton,TPT, dan jalan aspal hotmix dinilai masih buruk, ujar Sandrak Manurung kepada SIB, Minggu (10/1).

Dikatakan, rendahnya kualitas bangunan itu tidak terjadi hanya di tahun 2020 saja, tetapi, tahun sebelumnya juga ditemukan adanya beberapa bangunan infrastruktur jalan yang tidak sesuai dengan kualiatas yang direncanakan.

Proses pembangunan yang kurang baik tersebut sangat merugikan masyarakat, dan memperlambat kemajuan Kabupaten Langkat. Untuk itu, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Langkat meminta Dinas PUPR agar proaktif melakukan pengawasan setiap pembangunan yang dilakukan agar dapat mengantisipasi jika ada ketidaksesuaian dengan perencanaan, sambungnya.

Di sisi lain, kata dia, Dinas PUPR Kab Langkat, baik onkum Kadis maupun oknum Kabidnya tidak responsif dalam menanggapi permasalahan yang disampaikan masyarakat maupun awak media, padahal partisipasi dari mereka merupakan salah satu pilar pembangunan.

Dikatakan, jika tidak niat lagi sebagai pelayan masyarakat dalam menjalankan tugasnya, sebaiknya mengundurkan diri saja dari jabatan yang diemban, dan diminta juga Bupati dapat mengevaluasi atau mengganti mereka, agar visi-misi Pemkab Langkat periode bupati sekarang dapat berjalan maksimal dan tercapai, terangnya.

Selain itu, ia juga meminta Pemda melakukan evaluasi pada setiap rekanan yang mengerjakan proyek, jika pengerjaan rekanan itu tidak sesuai spesifikasi teknis, sebaiknya di blacklist saja. "Jangan mereka yang dapat untung, masyarakat yang buntung," ucapnya.
Fraksi PDI Perjuangan mengapresiasi partisipasi masyarakat dan media yang turut mengontrol proses pembangunan dan diharapkan semakin banyak masyarakat yang memberikan informasi atau aduan laporan sehingga dana APBD Langkat dapat berjalan maksimal untuk kebutuhan masyarakat, terang Manurung.

Proyek APBD Langkat T.A 2020 yang dinilai bermutu rendah tersebut di antaranya pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalansusu Langkat.

Sekitar 200 meter panjang TPT yang dibangun dengan ketinggian satu meter lebih, terdapat delapan titik ruas TPT yang retak-retak, bahkan ada yang terbelah.

Parahnya lagi, saat dilakukan perbaikan TPT yang rusak, oleh pihak kontraktor, retakan tembok itu hanya ditambal sulam adukan semen seperti yang diberitakan koran ini baru baru ini.

Bukan itu saja, bangunan cor beton jembatan di Dusun Gotong Royong, Kelurahan Tangkahan Durian, Kecamatan Brandan Barat, Langkat, diragukan kualitasnya.

Hasil akhir plesteran pada beberapa titik sudut bangunan jembatan terlihat kasar, dan tidak adanya TPT jembatan, sehingga material tanah pada jalan kedua ujung sisi kiri-kanan jembatan, itu tergerus air, yang dampaknya sulit dilalui pengguna jalan akibat permukaan jalan disesaki lumpur tebal dan licin, dan proyek pembangunan lainnya.

Sementara proyek tahun 2019 lalu, di antarnya pengerjaan paving blok di Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalansusu, baru hitungan minggu selesai dikerjakan, tapi cukup banyak pasangan batu yang sudah terbongkar di beberapa titik ruas jalan, sesuai pantauan langsung SIB di lapangan, dan sejumlah proyek lainnya yang kini sudah mengalami kerusakan.

Kepala Dinas PUPR Langkat, Subiyanto yang coba dihubungi SIB, Minggu (10/1), melalui pesan singkat dan panggilan nada sambung WhatsApp-nya, tapi yang bersangkutan tidak merespon.

Menurut catatan SIB, sejak tahun 2019 lalu, Subiyanto menjadi Kadis PUPR Langkat, belum pernah mau memberi keterangan, terkait proyek pembangunan dengan sumber dana APBD Langkat yang rusak atau yang bermutu rendah. (M25/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com