Gempa 4.1 SR Dirasakan di Blang Pidie


175 view
Gempa 4.1 SR Dirasakan di Blang Pidie
Foto: Dok/BMKG
TITIK GEMPA: Titik lokasi gempa yang terdeteksi BMKG, Minggu (7/1/2024). 
Medan (harianSIB.com)
Kabupaten Aceh Barat Daya dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Minggu (7/1/2024), pukul 10:05:45 WIB.
Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan 4.1 SR. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.43° LU dan 96.55° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 64 km Barat Daya Blang Pidie-Aceh Barat Daya pada kedalaman 25 km.
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.
Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di daerah Blang Pidie dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.
"Hingga pukul 11:02 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada kejadian gempabumi susulan (aftershock)," ujarnya.
Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com