Gerakan Galang Membangun Diyakini Mampu Wujudkan Deliserdang Maju


147 view
(Foto Dok/Kominfo)
BEDAH RUMAH : Bupati Ashari Tambunan (tengah) meletakkan batu secara simbolis saat meninjau pembangunan bedah rumah disaksikan para OPD dan masyarakat di Galang, Rabu (24/3).
Galang (SIB)
Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan mengapresiasi kegiatan Gerakan Bersama Galang Membangun (GBGM). Gerakan itu dianggap sebagai aplikasi dari Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM) yang dapat menggerakkan pengusaha dan masyarakat untuk bersatu padu melakukan bedah rumah mewujudkan Deliserdang yang lebih maju dan berdaya saing.

"Semangat kebersamaan, kegotongroyongan yang dilandasi GBGM adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Kami dari Pemkab Deliserdang memberikan apresiasi dan hormat kepada camat beserta unsur Muspika, kepala desa dan lurah serta tokoh masyarakat atas gerakan yang luar biasa ini karena akan dapat mewujudkan Deliserdang lebih maju sesuai dengan visi," kata Ashari Tambunan saat kunjungan kerja ke Galang, Rabu (24/3).

Dalam kunjungan itu, bupati turut melakukan peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah di Desa Galang Kota dan Desa Jaharun A. Kemudian penyerahan kunci bedah rumah, pemberian paket sembako kepada para lansia, serta penyerahan piagam penghargaan kepada para donatur dan partisipan yang telah banyak membantu GBGM.

Selanjutnya, bupati menyerahkan bantuan sembako sebagai bagian program GBGM berupa gerakan Rp10.000 per bulan yang diawali dari bulan Desember tahun 2020 ketika konsep GBGM didiskusikan kepada seluruh masyarakat dan aparatur Pemerintah Kecamatan Galang.

Sementara itu, Camat Galang A Fitrian Syukri SSTP menjelaskan GBGM merupakan gerakan soliditaritas dalam konsep pencanangan yang didasarkan atas komunikasi tiga unsur, baik pelaku usaha, tokoh masyarakat dan pemerintah. Sehingga dapat memacu semangat kegotongroyongan yang dulu hingga sekarang tetap berjalan sesuai dengan visi-misi yang dijalankan Pemkab Deliserdang sesuai dengan konsep GDSM.

Melalui GBGM, sekitar 248 rumah tidak layak huni se-Kecamatan Galang yang perlu direhab. Berdasarkan data tersebut, Pemerintah Kecamatan Galang beserta unsur Forkopincam, termasuk kelurahan dan desa mengundang partisipan-partisipan atau donatur yang ada di Kecamatan Galang dengan cara memberikan ekspose pemaparan di Kantor Camat. Sehingga sudah terbangun 40 unit rumah dari target 248 unit. (C3/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com