Pengukuhan IPSM Sumut Periode 2023-2028

Gubernur Harapkan Pekerja Sosial Selalu Siap Jalankan Misi Sosial


195 view
Gubernur Harapkan Pekerja Sosial Selalu Siap Jalankan Misi Sosial
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
PATAKA: Kadis Sosial Sumut Sri Suriani Purnamawati mewakili Gubernur Edy Rahmayadi menyerahkan pataka kepada Ketua IPSM Sumut Muchrid Nasution pada pengukuhan sekaligus Rapat Kerja Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat Sumut periode 2023-2028 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (11/8). 
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebutkan, keberadaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi kerja pembangunan bidang kesejahteraan sosial. Karenanya para pelaksana PSM secara organisasi selalu siap tempur guna menjalankan misi sosial, terutama mengentaskan kemiskinan.
Pesan itu disampaikan Gubernur Edy dalam sambutannya melalui Kadinsos Sumut Sri Suriani Purnamawati pada kegiatan pengukuhan sekaligus Rapat Kerja Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Sumut periode 2023-2028 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (11/8).
Hadir di antaranya Ketum IPSM Pusat Prof Andriansyah bersama sejumlah pengurus, para perwakilan unsur Forkopimda Sumut serta Ketua IPSM Sumut Muchrid Nasution bersama jajaran pengurus yang baru dilantik.
Gubernur menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pengukuhan/pelantikan IPSM Sumut. Sebab menjadi harapan langkah itu akan bermuara pada kontribusi pembangunan kesejahteraan sosial, sebagai awal bagi pencapaian misi organisasi di masa mendatang, menyangkut kepentingan kemanusiaan, sebagai tanggungjawab bersama.
Pelantikan itu, katanya, harus dilandasi semangat dan tekad bersama untuk membicarakan persoalan peran PSM serta yang berkaitan dengan konsep pembangunan kesejahteraan sosial. Atau dengan kata lain menciptakan kader kesiapan para pelaksana yang siap tempur. Yang pada dasarnya menjadi upaya organisasi dalam kurun lima tahun ke depan.
Untuk itu, lanjutnya, Pemprov sudah menetapkan kebijakan dan berbagai program pelayanan sosial dasar terutama bagi warga masyarakat yang masuk kategori penerima manfaat. Terutama penanggulangan kemiskinan yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.
Senada dengan itu Ketum IPSM Andriansyah mengatakan, PSM merupakan bagian dari pilar sosial yang berada di bawah Kementerian Sosial (Kemensos) dimana turunannya adalah Dinsos tingkat provinsi dan kabupaten/kota.
Andriansyah menyebutkan, keberadaan PSM di Indonesia sudah mencapai usia 48 tahun, di mana IPSM sendiri adalah organisasi yang didirikan untuk mewadahi para pelaksana di seluruh daerah. Dan regenerasi juga terus ditingkatkan sesuai mekanisme.
Dengan begitu, katanya IPSM berperan untuk memfasilitasi seluruh pelaksana PSM agar bisa mengembangkan sayap untuk kesejahteraan sosial.
Usai dilantik Ketua IPSM Sumut Muchrid Nasution menyampaikan akan menjalankan tugas dan amanah untuk menjadikan organisasi bermanfaat bagi keberadaan PSM di seluruh kabupaten/kota. Termasuk pesan Ketum yang meminta agar setiap desa/kelurahan di Sumut terdapat setidaknya 5 orang PSM. (A8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com