Gubsu Beri Target PDAM Tirtanadi Harus Capai Cakupan Air 85% di 2018


314 view
Medan(SIB)- Gubsu HT Erry Nuradi menegaskan PDAM Tirtanadi Sumatera Utara harus bisa men capai target cakupan air di Medan 85 % di akhir 2018 sudah terealisasi.

"Sampai hari ini Tirtanadi masih melayani cakupan air di Medan  74 %  atau 225.000 sambungan saja. Untuk itu Tirtanadi harus bisa meningkatkan pelayanan hingga akhir tahun 2018 sudah dapat cakupan air  85 %," ujar Erry Nuradi,  pada puncak HUT ke 111 PDAM Tirtanadi di halaman kantor ini  Jalan Sisingamangaraja Medan, Minggu (2/10).

Puncak acara diawali dengan gerak jalan santai yang dibuka Gubsu dan diikuti keluarga besar PDAM Tirtanadi. Hadir di acara itu  Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi  Hasban Ritonga, Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo, Direktur Air Minum Delviyandri, Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution, Direktur Administrasi dan Keuangan Arif Haryadian, Mantan Dirut PDAM Tirtanadi Kumala Siregar dan mantan Direktur Operasi Nelson Parapat.

Selanjutnya Gubsu mengatakan, Tirtanadi saat ini  juga belum bisa memberi PAD (Pendapat Asli Daerah) karena hasil yang ada untuk tambah modal lagi seperti membangun IPA (Instalasi Pengolahan Air) bersih."Tapi kalau sudah 85 % harus bisa", tegasnya.

Oleh karena itu manajemen dan direksi Tirtanadi harus ada sense of belonging atau rasa memiliki. "Jadi dari karyawan sampai direksi harus saling bekerjasama agar dapat  tercipta Good Corporate Governance (GCG), open biding (lelang jabatan)", kata Erry.

Pada acara itu juga Gubsu meresmikan peluncuran "Loket Pelayanan Mobil Keliling" yang berfungsi untuk pembayaran rekening, pengaduan pelanggan dan pendaftaran sambungan baru. Juga Halo Tirtanadi 1500-922 dan www.pdamtirtanadi.co.id

Gubsu didampingi isterinya Ny Hj Evi Diana Erry membayar pemakaian rekening air di rumahnya di loket pelayanan mobil keliling tersebut  atas nama Erry Nuradi beralamat Jalan Villa Gading Mas sebesar Rp409.962. Hasban Ritonga beralamat di Citra Wisata Blok 7 no 12 juga membayar rekening air Rp150.930.

Masuk Terowong
Di kesempatan itu  Gubsu Erry  juga minta jajaran manajemen Tirtanadi mengutamakan transparansi  agar PDAM bisa meningkatkan layanan yang baik setiap hari. "Jangan hanya pas ada kedatangan pejabat saja layanannya bagus", ujarnya.

Dia juga meminta melakukan prinsip Akuntable. Artinya harus ada pertanggungjawaban yang baik agar proyek-proyek PDAM bisa dipertanggungjawabkan direksi baik anggaran dan hasil pelaksanaannya.

Manajemen PDAM harus merespon semua keluhan pelanggan dan harus menjunjung tinggi prinsip fairness seperti contoh, perekrutan pegawai dan pengangkatan pejabat harus fair alias tidak nepotisme.

"Saya ingin dengar direksi PDAM Tirtanadi tidak pulang cepat, bila perlu pulang malam untuk berdiskusi guna peningkatan PDAM ini. Apalagi ada sense of belonging  terhadap perusahaan ini," katanya.

Gubsu menyebut, beberapa hari lalu ke Sibolangit melihat IPA yang berumur ratusan tahun (warisan Belanda-red) tapi kondisinya masih baik. "Saya masuk ke terowongan air di IPA Sibolangit yang dalam 30 tahun ini belum pernah ada Gubsu yang masuk ke sana," katanya.

Diharapkannya,PDAM Tirtanadi dapat terus merawat instalasi peninggalan lama. "Jangan pula  kita sudah tak dapat membangun, tak bisa merawatnya pula," ucapnya mengkritik direksi Tirtanadi.

Sementara itu Direktur Utama Sutedi Raharjo mengatakan,kini ada 3 IPA (Instalasi Pengolahan Air bersih) saat ini lagi dalam proses antara lain, satu di Sunggal sudah selesai, Martubung lagi proses.

Tirtanadi juga masuk dalam 1-11 proyek strategis di Sumut. "Mohon dukungan bisa teralisasi 2019 terwujud cakupan pelayanan air minum 85 %", ucapnya.
Usai meluncurkan pelayanan mobil keliling, Gubsu dan Direksi PDAM Tirtanadi melepas ratusan balon yang isinya gratis sambungan air minum. Di acara hiburan Mantan Dirut PDAM Tirtanadi tahun 1994  Kumal Siregar sempat melantunkan tembang "Kemesraan" didampingi 3 direksi Sutedi Raharja, Delvy dan Arif mendapat applause dari keluarga besar ini.(A2/c)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com