HUT ke 48, PDIP Cegah Banjir Lewat Penanaman Pohon


258 view
HUT ke 48, PDIP Cegah Banjir Lewat Penanaman Pohon
Foto SIB/Horas Pasaribu
FOTO BERSAMA: Wakil Ketua DPC PDIP Medan Tumpal Napitupulu foto bersama Lurah Padangbulan Zulfahmi Tarigan, Sekretaris PAC PDIP Medan Baru Todo Telaumbanua, pengurus ranting dan anak ranting, foto bersama usai penanaman pohon di pinggiran sungai Babura Padangbulan, Medan.

Medan (SIB)

Dalam rangka HUT ke-48 PDI Perjuangan, DPC PDI Perjuangan Kota Medan melakukan penghijauan bantaran sungai di 7 titik, Minggu (10/1). Di Kelurahan Padangbulan Kecamatan Medan Baru, penanaman pohon di bantaran sungai Babura Padangbulan dipimpin Wakil Ketua DPC Bidang Hukum Tumpal Napitupulu SH MH. Pohon yang ditanam adalah buah-buahan, seperti jambu air, jambu bol, jambu biji, swawo, mangga dan lainnya.

Tumpal Napitupulu kepada wartawan mengatakan, ke 7 titik tersebut adalah Kelurahan Babura Medan Sunggal, Kelurahan Starban Medan Polonia, Karang Berombak Medan Barat, Padangbulan Medan Baru, Medan Labuhan, Kelurahan Beringin Medan Selayang dan Jalan Tapian Nauli Titi Kuning Medan Johor. Di tiap titik ditanam 100 batang pohon.

Dikatakan Tumpal, tema HUT PDIP tahun 2021 ini, “Berkepribadian dalam kebudayaan”. Subtema, “Fokus pada kebudayaan Nusantara yang membentuk kepribadian bangsa, gerakan mencintai bumi, melestarikan lingkungan hidup dan menghijaukan daerah aliran sungai yang difokuskan di bantaran sungai Ciliwung”.

“PDI Perjuangan menargetkan memecahkan rekor MURI secara virtual mendengarkan pidato Ketua Umum Megawati Sukarno Putri yang bisa diakses seluruh masyarakat Indonesia. Kader, simpatisan maupun masyarakat dapat menyaksikan pidato dan penanaman pohon oleh Ketua Umum,” kata putra mantan Anggota DPRD Sumut almarhum Augus Napitupulu ini.

Dikatakannya, sama seperti subtema menghijaukan bantaran sungai Ciliwung, DPC PDIP Medan juga menghijaukan bantaran sungai. Lewat penghijauan, beberapa tahun kemudian pohon akan besar dan akarnya mengikat tanah sehingga bisa mengurangi banjir dan erosi pinggiran sungai.

Lurah Padangbulan Zulfahmi Tarigan berterima kasih kepada PDI Perjuangan yang melakukan penghijauan di HUT ke 48. Diakuinya, Padangbulan adalah kawasan banjir, kalau dihijaukan akan berkurang ketika pohon sudah besar. Kelurahan Padangbulan bantaran sungainya ada sekitar 1 kilometer. Dalam setahun ada 2 kali mengalami banjir, karena daerah pinggiran sungai (DAS) mengalami luapan dari sungai Babura. “Paling tidak bisa mengurangi banjir," ucap Zulfahmi Tarigan.

Turut hadir, Seketaris PAC PDIP Kecamatan Medan Baru Todo Telaumbanua. Dia mengatakan perhatian PDIP Perjuangan kepada daerah bantaran sungai sangat luar biasa. Diharapkannya, pohon ini bisa bermanfaat bagi lingkungan dan buahnya yang manis dan mengandung vitamin C dinikmati masyarakat sekitar. (M10/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com