Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Harga Bawang Putih dan Bawang Bombai Meroket di Medan

Redaksi - Jumat, 26 Mei 2023 12:34 WIB
350 view
Harga Bawang Putih dan Bawang Bombai Meroket di Medan
Foto: Datuk Haris Molana/detikcom
Harga sejumlah komoditi di pasar tradisional di Kota  Medan  meroket, di antaranya harga bawang bombai dan ba
Medan (SIB)
Harga sejumlah komoditi di pasar tradisional di Kota Medan meroket, di antaranya harga bawang bombai dan bawang putih.
Hal ini membuat kalangan ibu rumah tangga mengeluh dan daya beli menurun dalam pekan ini.
Menurut pantauan SIB, Sabtu (20/5), harga bawang bombai Rp50.000 per kg dari sebelumnya Rp28.000 hingga Rp30.000 per kg.
Sementara harga bawang putih semula Rp25.000 hingga Rp28.000 naik menjadi Rp40.000 per Kg.
Terdengar keluhan panjang kalangan konsumen akibat naiknya harga bawang putih yang banyak dibutuhkan setiap hari sebagai campuran bumbu makanan dan membuat bawang goreng.
"Bawang putih banyak dikonsumsi masyarakat setiap hari dan dalam pekan ini harganya melonjak menembus Rp40.000 per kg,” ujar Yuniar salah seorang konsumen kepada SIB, Sabtu sore (20/5).
Sementara itu, salah seorang pedagang, Syahrul mengatakan, harga kedua komoditi tersebut cukup mahal, padahal sebelum Lebaran barusan masih stabil.
Disebutnya, akhir-akhir ini stok kedua komoditi itu agak berkurang atau minim di pasaran, bisa jadi karena keduanya masih impor.
Katanya, harga bawang bombai sempat mahal hingga di level harga Rp 100.000 hingga Rp120.000 per Kg. Jadi mahalnya harga bawang bombai selama 7 hari ini Rp50.000/kg belum seberapa dibanding harga mahal yang sempat terjadi tahun lalu.
Wartawaan SIB pernah memantau harga bawang bombai Rp100.000 ke atas itu dijual hanya di pusat-pusat perbelanjaan mewah. Kalau di pasar tradisional komoditi ini minim. Salah seorang pedagang saat itu mengatakan, kalau menjual bawang bombai itu dia khawatir tidak laku.
Sementara itu Pengamat Ekonomi dan Keuangan Gunawan Benyamin mengatakan, bawang bombai ini merupakan komoditas impor. Dia menduga kenaikan harga bawang bombai juga dikarenakan kenaikan harga jual di negara lain. “Jadi kenaikan harga bawang bombai juga dipengaruhi oleh faktor yang sama dengan kenaikan harga bawang putih,” ujarnya.
Sementara itu, harga bawang putih dari China belakangan ini mengalami kenaikan sekitar 30%, di kisaran harga saat ini $1.200 per tonnya.
Faktor cuaca,kata Gun, menjadi salah satu alasan sehingga panen bulan Mei ini akan lebih rendah dibandingkan dengan bulan lainnya. Meski demikian harga bawang putih masih tertolong oleh penguatan mata uang Rupiah sehingga tidak lantas memicu terjadinya kenaikan yang lebih buruk dari harga bawang putih di pasar saat ini, imbuh Gun, Sabtu malam (20/5). (A1/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Harga Tomat Meroket di Medan
komentar
beritaTerbaru