Harga Ikan dan Ayam Melambung di Medan


167 view
Harga Ikan dan Ayam Melambung di Medan
Foto: Pradita Utama
Ilustrasi ayam
Medan (SIB)
Sehari setelah Hari Raya Imlek, harga ikan dan ayam potong, melambung di Kota Medan.
Beberapa ibu yang belanja ikan di tingkat pengecer Padang Bulan Medan, Minggu (11/2) menyebut, harga ikan yang melambung tersebut utamanya jenis ikan laut seperti tongkol, ikan merah, kakap dan lainya.
"Harga ikan air tawar juga mengalami kenaikan, tapi tidak setinggi harga ikan laut. Seperti ikan tongkol misalnya, sebelumnya sudah sempat di kisaran Rp 28.000 per Kg, namun tadi harganya sudah di atas Rp 40.000 per Kg. Demikian juga dengan jenis ikan laut lainnya, rata-rata harganya sudah Rp 40.000 ke atas", kata seorang ibu yang belanja ikan di Jl Pintu Air IV Kwala Bekala Medan, Minggu pagi.
Dia menyebut, melambungnya harga ikan laut tersebut kemungkinan besar karena pasokan kurang. "Sebab kami lihat tadi, hampir semua pedagang ikan tingkat pengecer, dagangan ikannya jauh berkurang dari biasanya, sehingga hukum pasar berlaku, kalau barang sedikit harga jadi melambung", kata ibu itu.
Harga daging ayam potong juga meningkat dari sebelumnya Rp 31.000 per Kg menjadi Rp 33.000 per Kg. "Kami tak tau pasti kenapa harga ayam potong ini terus naik. Sudah sejak pertengahan Desember 2023 lalu harganya tak turun-turun. Malah hari ini naik lagi menjadi Rp 33.000 per Kg. Mungkin ini ada hubungannya dengan perayaan Imlek", kata seorang pedagang ayam potong yang mengaku omzet penjualannya jadi berkurang dari biasa karena kenaikan harga tersebut. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com