Sabtu, 20 Juli 2024

Harkopda ke-76 Deliserdang Momen Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Serap Tenaga Kerja

Redaksi - Selasa, 29 Agustus 2023 18:43 WIB
299 view
Harkopda ke-76 Deliserdang Momen Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Serap Tenaga Kerja
(Foto SIB/Jekson Turnip)
LIHAT: Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Deliserdang, Rabiatul Adawiyah Lubis melih
Lubukpakam (SIB)
Peringatan Hari Koperasi Daerah (Harkopda) ke-76 Deliserdang merupakan momen meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.
Selain itu juga momen untuk pemerataan pendapatan sehingga bisa mengurangi tingkat kesenjangan atau ketimpangan ekonomi.
"Sebab fungsi utama koperasi adalah untuk mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat dengan menyelenggarakan berbagai usaha serta layanan sesuai kebutuhan," ungkap Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dalam peringatan Harkopda sekaligus membuka Festival Kreasi Motif Deliserdang ke-3 dengan tema, Kemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat #BanggaBerkoperasiIndonesiaMaju di Plaza Kuliner, Lubukpakam, Senin (28/8).
Terkait penyelenggaraan Festival Kreasi Motif Deliserdang ke-3, bupati menegaskan tujuannya untuk mengenalkan dan menggambarkan kekhasan budaya Deliserdang. Kemudian menjadi media dalam membangun animo masyarakat untuk mengenali, memahami dan mencintai warisan budaya yang sarat nilai-nilai kearifan lokal. Serta membangkitkan Gerakan Ekonomi Kerakyatan melalui kreativitas dalam menciptakan produk-produk ekonomi kreatif.
"Kita ingin mempercepat kebangkitan produk-produk buatan lokal melalui produk UMKM berkualitas tinggi yang menguasai pasar dalam negeri dan kompetitif di pasar global. Saya yakin, dengan ketekunan dan kesungguhan para pelaku UMKM dalam berinovasi dan berkreasi, produk-produk UMKM kita akan menembus pasar lokal, bahkan internasional. Mari berjuang bersama untuk memajukan produk-produk lokal dengan memakai dan mempromosikan produk UMKM kita," ajak bupati.
Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Deliserdang, Rabiatul Adawiyah Lubis dalam laporannya menyampaikan acara yang diselenggarakan berkat kolaborasi tiga organisasi perangkat daerah (OPD), yaitu Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, sejak Senin (28/8) sampai Rabu (30/8).
Rangkaian acara yang diadakan, antara lain pemutaran video singkat tentang profil Koperasi dan UKM Deli Serdang, penyerahan penghargaan kepada enam Koperasi Berinovasi, penyerahan Sertifikat Nomor Induk Koperasi (SNIK) kepada tujuh koperasi, penyerahan badan hukum koperasi kepada tiga koperasi, penyerahan penghargaan UMKM Berinovasi kepada tiga pelaku UMKM, penyerahan secara simbolis Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada tiga pelaku UMKM dari Bank Sumut, penyerahan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT) kepada lima pelaku UMKM, penyerahan Sertifikat Halal kepada empat pelaku UMKM, festival fashion show siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, kepala desa serta lurah, dan lainnya..
Hadir di acara tersebut, Ketua Koperasi Konsumen Pusat-Pegawai Republik Indonesia (KKP-PRI) Deliserdang, H Zainuddin Mars, Wakil Ketua TP PKK Deliserdang Hj Sri Pepeni Ali Yusuf Siregar dan lainnya.(C2/r)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bupati Deliserdang Pamit ke Warga Percut Seituan Sekaligus Resmikan Kantor Camat
1.970 Kader Posbindu di Deliserdang Diharap Mampu Deteksi Dini Penyakit Tak Menular
Gapoktan di Tanjungmorawa Terima Bantuan Pupuk 4,3 Ton untuk Lahan 1.439 Ha
Bupati Deliserdang Lepas 185 Petugas Verifikasi 46.920 KK Miskin Sesuai Data Kemenko PMK
Studi Tiru Wisata ke Kabupaten Karo, Bupati Deliserdang: Kutalimbaru Banyak Potensi
Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Deliserdang Hikmat
komentar
beritaTerbaru