Minggu, 21 Juli 2024

Hendrik H Sitompul Bimbing Umat Katolik di Dua Vikariat di Keuskupan Agung Medan Latihan Buat Pupuk Organik

Redaksi - Sabtu, 16 September 2023 18:06 WIB
282 view
Hendrik H Sitompul Bimbing Umat Katolik di Dua Vikariat di Keuskupan Agung Medan Latihan Buat Pupuk Organik
Foto: Ist/harianSIB.com
Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Drs Hendrik H Sitompul MM, Sabtu (9/9) di Deliserdang, membuka Sosialisasi Teknik Pengol
Deliserdang (SIB)
Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Drs Hendrik H Sitompul MM, Sabtu (9/9) di Deliserdang, membuka Sosialisasi Teknik Pengolahan Pupuk Organik.
Kegiatan yang diadakan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut dihadiri umat Katolik 2 Vikariat Keuskupan Agung Medan yakni Vikariat St Yohanes Rasul Medan-Hayam Wuruk dan Vikariat St Petrus Rasul Medan Katedral.
Di sambutannya, Hendrik Sitompul mengatakan, pelatihan sangat perlu agar umat dapat memroduksi minimal menyediakan pupuk organik untuk tanamannya.
“Pupuk organik dipastikan tidak berdampak negatif bagi tanah dan tanaman. Selain itu, di negara maju seperti Benua Biru, pupuk yang bersumbu pada kimiawi, hampir ditinggalkan. Sebab pupuk jenis demikian lebih tinggi zat asam yang dapat merusak dalam jangka panjang,” ujar Ketua ISKA Sumut.
Khusus pada BRIN, lanjutnya, terima kasih sebab berkenan mengedukasi warga khususnya petani.
“Pelatihan diprioritaskan pada umat di Keuskupan Agung Medan (KAM) sebagai bagian dari janji dan bagian dari tekad terus melayani warga. Pesan orangtua saya, jangan berhenti berbuat kebaikan,” ujarnya.
Sebelumnya, untuk kegiatan serupa melalui zoom, sebab tak dapat hadir sehubungan abang iparnya atau abang kandung istrinya wafat serta ikut memeringati HUT Partai Demokrat di Jakarta. “Ini konsekuensi dari kepercayaan yang diberikan pada saya sebagai pengurus harian partai,” jelasnya.
Pelatihan yang kemudian diikuti bimbingan teknik tersebut fokus pada umat di Medan, Deliserdang, Serdangbedagei dan Tebingtinggi. “Ini kelanjutan dari kegiatan meningkatkan ketahanan pangan umat,” tambahnya.
Kegiatan dihadiri Pastor Beno Ola Tage, pastor paroki Pastor Paskalis Surbakti dan Pastor Bonaventura Gultom, Pastor Benteng Singarimbun, Koordinator Produksi Ecosophy Pastor Ricky Natun, Komsos KAM Frater Jasin Simatupan, Pr Sumitro Sihombing OFM Cap, Ps Angga CMF serta sejumlah biarawati.
Fahmi Nasution dari BRIN membanggakan langkah anggota DPR RI yang memerhatikan sektor pertanian sebab saat ini negara sedang fokus mengamankan bahan pangan dit engah semakin naiknya harga kebutuhan pokok.
Nara sumber Pastor Bonaventura Gultom mengulas mengenai kondisi alam dewasa ini. Untuk menjaga bumi maka umat harus menjaga kelestarian planet yang dihuninya.
“Kegiatan ini bagian dari menghargai manusia. Seperti diutarakan Paus yang fokus pada penghargaan untuk manusia agar mencintai alam,” ujarnya. “Khusus pada milenial, Mari peduli pada Bumi, Cinta alam sebab itu juga bagian dari Iman,” paparnya.
Rumela br Simarmata memandu secara langsung di lapangan, mempraktikan cara membuat pupuk organik.
Di ujung kegiatan, staf Komisi 7 DPR RI Gunana Barus menyerahkan bibit pertanian pada perwakilan umat dan perwakilan peserta. (R10/c)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Anggota DPR RI Hadiri Safari Gemarikan untuk Cegah Gizi Buruk dan Stunting di Karo
Anggota DPD RI Terpilih Ingatkan DPR RI Hentikan Revisi UU TNI
DPR Setujui Revisi UU Wantimpres Jadi Dewan Pertimbangan Agung
DPR RI Sepakat Bentuk Pansus Evaluasi Pelaksanaan Haji 2024
Anggota DPD RI Terpilih Minta DPR RI Kritisi RUU NO2/2022 Tentang Kepolisian Negara RI
Panglima TNI Pastikan Revisi UU TNI-Polri tak Kembalikan Dwifungsi
komentar
beritaTerbaru