Usai Kades Percut Ditetapkan Tersangka

Inspektorat Imbau Kades di Deliserdang Ikuti RAPBDes


373 view
Lubukpakam (SIB) -Kepala Inspektorat Deliserdang, Agus Mulyono mengimbau Kades lainnya mengikuti Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) dengan baik. "Ikuti RAPBDes, laksanakan sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan Surat Pertanggungjawaban (SPj)  pekerjaan di lapangan. Jika sudah dilaksanakan hal tersebut, mungkin tidak jadi masalah," jawabnya ketika diwawancara SIB, Jumat (20/10) terkait Kepala Desa (Kades) Percut Kecamatan Percut Seituan, CA yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari Deliserdang) dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan APBDes Percut tahun anggaran 2016 belum lama ini.

Menurutnya, indikasi penetapan tersangka CA merupakan permintaan Kejari Deliserdang ke pihaknya untuk dilakukan pemeriksaan internal. "Kita telah melakukan pemeriksaan sesuai tugas dan tupoksi Inspektorat berdasarkan indikasi pengaduan yang ada," ungkap Agus.

Apabila Kades itu melaksanakan di lapangan, sambung Agus, pihaknya tidak akan melakukan pemeriksaan di lapangan. Pihaknya melakukan pemeriksaan berdasarkan 3 unsur, RAB bagaimana, pelaksanaan perencanaan anggaran belanjanya bagaimana dan bagaimana pelaksanaannya di lapangan atau SPj sudah sesuai RAPBDes.

"Jika semua hal itu dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan pemeriksaan, kita tidak mungkin melakukan pemeriksaan. Dalam hal ini, mungkin berbeda RAB dengan RAPBDes serta pelaksanaan di lapangan," tutur Agus Mulyono.

Di akhir pembicaraan, Agus menyebut belum lama ini masyarakat Desa Tanjungmuda Kecamatan STM Hulu melaksanakan aksi damai ke Inspektorat Deliserdang meminta supaya diusut tuntas dugaan korupsi di Desanya, Agus menyebut itu sudah dilaksanakan berdasarkan laporan masyarakat. Namun untuk jawaban pemeriksaan, pihaknya memberi ke Polres Deliserdang, sebab sudah terlebih dahulu meminta melakukan pemeriksaan. (C06/d)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com