Minggu, 21 Juli 2024
Menpora Hadiri Kegiatan Race Day BLOT di Bukit Lawang

Jalan Rusak Menuju BLOT akan Dilaporkan Menpora kepada Presiden

Redaksi - Senin, 29 Mei 2023 16:51 WIB
259 view
Jalan Rusak Menuju BLOT akan Dilaporkan Menpora kepada Presiden
Foto: Dok/Kominfo Sumut
PESERTA BLOT: Peserta dari berbagai negara mengikuti kegiatan BLOT 2023. Kegiatan ini dianggap sukses dan dimasukkan dalam kalender ATM serta diakui di Asosiasi Lari Trail Dunia, ITRA dan UTMB, Sabtu (27/5). 
Langkat (SIB)
Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo hadiri Kegiatan Race Day Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) Tahun 2023 di Race Village, Terminal Atas Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Langkat, Sabtu (27/5).

Ratusan peserta mengikuti kegiatan lomba Bukit Lawang Orangutan Trail pada tahun 2023, di mana dalam perlombaan terdapat tiga kelas yang diperlombakan di antaranya jarak 7 Km, 25 Km dan 50 Km.

Trail dengan jarak tempuh 7 Km untuk katagori TNI/Polri, peringkat pertama diraih anggota Yonif 100 Raider PS, peringkat kedua diraih anggota Yonif 125/Simbisa dan peringkat ketiga diraih anggota Arhanud 11/WBY.

Untuk lomba Bukit Lawang Orangutan Trail dengan jarak tempuh 7 Km katagori laki-laki peringkat pertama diraih Bambang Purnomo, peringkat dua diraih M Hasnul, peringkat tiga diraih Latu Gangana, peringkat empat diraih NA Abdila Bin Nurdin (Malaysia) dan peringkat lima diraih Dedi Iskandar.

Pada lomba Bukit Lawang Orangutan Trail dengan jarak tempuh 7 Km katagori perempuan, juara pertama diraih Eva Dwi Sukma, peringkat dua diraih Siti (Malaysia), peringkat tiga diraih Febi Selfia dan peringkat empat diraih Sumiti, serta kelima diraih Bakti Utami.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menyampaikan terimakasih atas kehadiran Menpora, Wakil Gubernur Sumut, Pangdam I/BB di lokasi wisata Bukit Lawang Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat dalam acara Bukit Lawang Orangutan Trail.

"Momen seperti ini yang dihadiri bapak menteri, sangat membangkitkan semangat kami untuk mengembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Langkat," ujarnya.

Afandin juga berterimakasih atas kinerja segenap panitia, sponsor dan seluruh peserta dari 14 negara hingga terlaksananya even tersebut. "Saya harap even ini nantinya lebih besar lagi menjadi event internasional dan hadiah ditingkatkan kembali untuk kegiatan ini," imbuhnya.[br]



Sementara Menpora mengapresiasi Wakil Gubernur, Pangdam, Plt Bupati, panitia dan sponsor atas terselenggaranya acara itu dengan baik. "Saya harap tahun depan acara Bukit Lawang Orangutan Trail lebih meningkat lagi," katanya.

"Saya akan laporkan kepada Bapak Presiden tentang jalan bolong menuju lokasi ini, dan saya akan bicarakan agar nantinya Bapak Presiden di acara Reli bulan November menyempatkan berkunjung ke Bukit Lawang atau di Tangkahan," lanjutnya.

"Saya yakin Bukit Lawang ini mempunyai magnet yang luar biasa sehingga saya juga sangat ingin berkunjung ke Bukit Lawang dengan adanya ikon Orangutan. Momen ini sudah sangat pas dengan menyatukan wisata dan olahraga sehingga mendatangkan turis dari mancanegara," katanya.

Turut hadir Ibu Menpora, Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajekshah SSos MHum beserta Ibu, serta Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE MSi.



Terdaftar di Asosiasi Lari Trail Dunia
Sementara itu, Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) 2023 menjadi gelaran kedua setelah sebelumnya dengan nama Bukit Lawang Junggle Trail Run (BLJTR) 2022. Karena dianggap sukses, gelaran ini pun dimasukkan di dalam kalender Asia Trail Master (ATM) dan diakui di Asosiasi Lari Trail Dunia, International Trail Running Association (ITRA) dan Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB).

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah didampingi Julita Saragih, CEO & Founder Arras Adventure sebagai penyelenggara. “Buk Julita sudah mengikutkan even ini ke dalam kalender Asia Trail Master dan sudah diakui oleh asosiasi trail run dunia. Karena memang dari awal kita menginginkan even ini bisa jadi event dunia,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, Minggu (28/5).

Lanjut Ijeck, menjadi even bertaraf dunia, kunjungan wisatawan maancanegara akan semakin meningkat. “Seperti yang dikatakan Pak Menpora RI, kalau even masuk dalam rangkaian seri kejuaraan trail run dunia, atlet-atlet dunia pasti banyak yang akan datang karena memang diwajibkan sekaligus mereka (peserta) mengumpulkan poin buat perolehan internasionalnya,” ujarnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Julita, BLOT 2023 ini katanya telah menjadi bagian dari seri ATM dan terdaftar di asosiasi lari trail dunia yaitu ITRA dan UTMB. “Hari ini juga kita kedatangan CEO Asia Trail Master Mr Kris Van der Velde. Even ini untuk kelas 50 kilometer menjadi bagian dari seri Asia Trail Master,” ujarnya.[br]



Total peserta BLOT 2023, lanjut Julita, ada sebanyak 700 pelari, termasuk pelari negara asing sejumlah 13 negara di antaranya Malaysia, Singapore, Philippines, Vietnam, Japan, Algeria, Greece/Yunani, France, Germany, United Kingdom, Mexico dan United State. Sedangkan total SDM mencapai 300 orang.

“Alhamdulillah, tahun lalu even berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Bukit Lawang dan sekitarnya, dengan alasan ini kami bertekad agar even ini menjadi even tahunan Sumatera Utara yang ditunggu tunggu pencinta lari trail di Indonesia bahkan di dunia,” katanya.

Juli menambahkan, tahun ini Bukit Lawang masuk ke dalam 75 desa wisata terbaik di ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia 2023 dari 4.573 desa wisata yang berjuang. “Kami berharap dengan even ini, daerah Langkat khususnya Bukit Lawang akan terus bertumbuh menjadi salah satu destinasi wisata yang berstandard International di Indonesia,” katanya. (A13/SS6/a)







Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ibu Negara Korsel Diperiksa Terkait Skandal Tas
Beredar Kabar Anggaran Makan Bergizi Gratis Rp 7.500
Rapat Bersama Menko PMK, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Jamin Persiapan PON Sesuai Jadwal
Jokowi Resmi Lantik 3 Wakil Menteri
Suruh Messi Minta Maaf, Wakil Menpora Argentina Dicopot
Sore Ini Jokowi Lantik 3 Wakil Menteri
komentar
beritaTerbaru