Jarusdin Saragih Berharap Pilkada Simalungun Ajang Pesta Rakyat


137 view
Foto Dok
St Jarusdin Saragih SSos
Medan (SIB)
Pilkada Simalungun yang dijadwalkan dilaksanakan, 9 Desember 2020 mendatang diharapkan tetap menjunjung tinggi persatuan dan perdamaian. Pilihan boleh berbeda, tetapi kebersamaan tetap terjalin demi Simalungun tercinta.

Hal itu disampaikan St Jarusdin Saragih SSos, salah seorang putra Simalungun yang berdomisili di Kota Medan kepada SIB melalui WahtsApp, Sabtu (17/10) ketika dimintai tanggapannya tentang Pilkada Simalungun, memilih pemimpin yang terbaik berlandaskan habonaron do bona.

Dijelaskan, pesta demokrasi Simalungun harus benar-benar pesta rakyat, dimana dalam pesta itu masyarakat bebas memilih pilihannya, tanpa ada intimidasi dari orang lain. Masyarakat juga didorong agar dapat cerdas menentukan pilihannya demi kemajuan Simalungun ke depan.

Jarusdin berharap, kepada masyarakat Simalungun agar tetap menjunjung tinggi keharmonisan umat beragama, serta menjaga keanekaragaman suku, agama, budaya yang sudah lama terjalin baik selama.

Calon Bupati dan calon Wakil Bupati yang dipilih adalah mereka yang mengerti akan falsafah habonaron do bona, karena dengan memahami falsafah itu, diyakini akan timbul kecintaannya kepada Simalungun. Dengan demikian calon tersebut punya niat untuk membangun.

“Calon pemimpin yang dipilih hendaknya mereka yang memiliki niat yang tulus dan mendalam bahwa “Siparutang do ahu bani Simalungun” artinya mempunyai tanggungjawab besar terhadap Simalungun. Sehingga pemimpin yang terpilih akan bertanggungjawab besar terhadap Simalungun,” pungkasnya. (M12/c)

Penulis
: Redaksi