Jembatan Tali Air Dua di Dusun Aeknauli, Desa Bandartengah Sergai Rusak


107 view
Foto SIB / Lambok Simbolon
RUSAK : Jembatan di Dusun Aeknauli, Desa Bandartengah, Sergai, rusak mengakibatkan petani kewalahan mengangkut hasil panen, foto dipetik Rabu (7/4),
Sergai (SIB)
Jembatan Tali Air Dua yang terletak di Dusun Aeknauli, Desa Bandartengah, Kecamatan Bandarkhalifa, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) rusak parah. Akibatnya para petani kewalahan mengangkut panen seperti padi, kelapa sawit dan hasil pertanian lainnya.

Situmorang (48), petani sekitar menyampaikan kepada SIB, Rabu (7/4), jembatan tersebut dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar lima tahun lalu. Swadaya dikumpulkan dari warga desa yang memiliki areal pertanian di sekitar lokasi jembatan.

"Setiap warga yang punya sawah di dekat sini menyumbangkan sekitar Rp. 20.000 saat itu. Sesudah terkumpul dana, warga membantu tukang membangunnya secara bersama-sama," tuturnya.

Ia menambahkan, sudah hampir setahun jembatan rusak. Padahal jembatan tersebut merupakan jalan utama yang dilewati warga menuju persawahan dan mengangkut hasil pertanian. Dengan kondisi rusak, petani terpaksa memundak hasil panen sehingga menambah biaya dan memakan waktu lama.

"Lebar tali air ini hampir 6 meter, barangkali karena struktur bangunan yang tidak terlalu kuat, atau dimakan usia makanya patah. Maklumlah kekuatan swadaya masyarakat saat itu terbatas," jelasnya.

Hal senada disampaikan Frengki (35) yang mengkhawatirkan kondisi jembatan semakin parah. "Ini tidak bisa lagi dilewati jetor atau sepeda motor bermuatan. Kalau panen jadinya kita dua kali mengelangsir. Dari lokasi sawah dipundak melewati jembatan ini, lalu ke rumah baru bisa diangkut pakai jetor," ucapnya.

Melalui selulernya Kepala Desa Bandartengah, Muhammad Nasir kepada SIB, Rabu (7/4) mengatakan sudah mengetahui perihal kondisi jembatan tersebut. Untuk usulan perbaikan sudah diajukan saat Musrenbang Kecamatan 2021, namun dikarenakan anggaran yang tidak mencukupi, maka belum bisa direalisasikan.

"Namun, jika warga bersedia kembali untuk swadaya, maka kita siap memfasilitasi pembangunan jembatan tersebut bersama-sama dengan warga setempat," tutupnya. (LS/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com