Jimmy Panjaitan dan Sanco Manullang Masuk 3 Besar Capim BPODT


1.139 view
Foto Dok
Captain R Tagor Aruan, Ketua Umum KIB
Medan (SIB)
Dua putra Batak, yaitu Jimmy Bernando Panjaitan dan Sanco Simanullang, masuk tiga besar bersama T Hardian Cahyadi, dalam daftar hasil seleksi akhir calon pimpinan atau direktur utama (Dirut) Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 27 Januari 2021.

Ketua Umum Komite Independen Batak (KIB) Captain R Tagor Aruan, bersama pengurus DPP KIB Eddin Sihaloho, menyatakan harapan Luhut Binsar Panjaitan (LBP-Menko Marves RI) yang didukung warga Sumut asal Bumi Tapanuli, tampaknya akan terwujud untuk mendapatkan figur orang Batak atau putra Tapanuli yang akan tampil memimpin Badan Otorita (BPODT) menggantikan Arie Prasetyo (Dirut BPODT sebelumnya).

"Dua nama putra Batak yang masuk final dalam 3 besar calon Dirut BPODT hasil seleksi akhir panita seleksi (Pansel) Kemparekraf-Baparekraf pada 27 Januari lalu, tampaknya akan mewujudkan harapan LBP yang sejak awal memang didukung warga Batak-Tapanuli di daerah (Sumut) ini. Siapapun yang terpilih (sebagai Dirut BPODT) dari dua nama itu, kita semua tentu akan mendukung penuh, karena pengelolaan pariwisata Danau Toba sebagai destinasi super prioritas memang butuh sentuhan tangan orang profesional, plus punya akses kebijakan pusat-daerah dan konsep pemberdayaan masyarakat," katanya kepada SIB di Medan, Minggu (21/2).

Mereka mengutarakan hal itu menanggapi surat pengumuman Nomor: 05/BPO/KPEK/I/2021 tentang hasil akhir seleksi terbuka pengisian jabatan Dirut BPODT yang diteken Ketua Pansel Ardian Adiperdana. Surat dengan nomor dan tanggal yang sama itu juga berisikan tiga nama yang masuk 'final' untuk calon Dirut Badan Pelaksana Otorita Labuanbajo di Flores. Pihak Pansel dalam surat pengumuman itu menegaskan keputusan bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Jimmy Bernando Panjaitan (urutan pertama berdasarkan abjad nama yang ditetapkan Pansel) adalah salah satu direktur (sales director) PT Oracle Indonesia dari grup Oracle Corporation, perusahaan pengembang manajemen teknologi informasi (TI) dan perangkat lunak basis data.

Sementara Dr Sanco Simanullang ST MT IPM (urutan ke-3) adalah pejabat BUMN yang saat ini Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sibolga. Sebelumnya Sanco adalah pejabat bidang Humas di Kanwil Jamsostek Sumbagut di Medan, dan kemudian dipromosikan sebagai Kepala Kantor Cabang Perintis Jamsostek di Kabanjahe, Tanahkaro.Ketika memimpin BPJS (eks Jamsostek) Cabang Karo, Sanco meraih gelar Doktor (S3, teknik industri) dengan predikat sangat memuaskan dari USU pada 3 Oktober 2019 dengan judul disertasi: Model Prilaku Adopsi Teknologi Sistem Informasi Online.

Sedangkan T Hardian Cahyadi adalah staf/pejabat konsorsium BUMN, sebagai asisten manager investasi di PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk. CMNP adalah perusahaan jasa infrastruktur nasional yang bergerak di bidang investasi, kontraktor pembangunan jalan tol. Rilis terkini dari Linkwdin.com menyebutkan Hardian adalah member dari komunitas profesional terbesar di dunia.

Sebelumnya, ketiga nama yang lolos final 3 besar itu termasuk dalam barisan enam nama yang lolos pada seleksi tahap ke-2, dari semula 12 nama seleksi awal pada 30 Desember tahun lalu. (M04/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com