KPU Medan: Syarat Calon Bobby-Aulia dan Akhyar-Salman Belum Memenuhi Syarat

* Pasangan Bobby, Aulia Heran

260 view
KPU Medan: Syarat Calon Bobby-Aulia dan Akhyar-Salman Belum Memenuhi Syarat
Datuk Haris Molana/detikcom
Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik seusai rapat pleno terbuka 
Medan (SIB)
Syarat pencalonan dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang akan bertarung di Pilkada Medan yakni Bobby Nasution-Aulia Rachman dan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi belum memenuhi syarat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik usai rapat pleno terbuka penyampaian hasil verifikasi dokumen syarat calon walikota dan wakil walikota Medan 2020, Minggu (13/9).

Hadir dalam kesempatan itu perwakilan partai politik pengusung, Bawaslu dan Liaison officer (LO) kedua bakal pasangan calon.
Beberapa persyaratan yang belum lengkap tersebut antara lain syarat pengunduran diri, tanda terima penyerahan LHKPN dan lainnya.

"Untuk pengunduran masih bisa 30 hari sebelum pemungutan suara. Kami berharap kedua pasangan bakal calon agar segera melengkapi persyaratan masing-masing pada masa perbaikan yakni mulai 14 hingga 16 September 2020," kata Agussyah.

Terkait hal ini, anggota Bawaslu Kota Medan, Muhammad Fadly, meminta ketegasan KPU untuk memberikan batas akhir penyerahan syarat calon yang belum bisa terpenuhi oleh kedua bakal pasangan calon, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

"Sampaikan syarat dokumen kapan diserahkan, apabila tidak dipenuhi ada sanksinya, jangan sampai ini jadi sengketa nantinya," tuturnya.

AULIA HERAN
Sementara itu, calon wakil wali kota Medan yang berpasangan dengan Bobby Nasution, Aulia Rachman, mengaku heran dokumen pencalonan mereka dinyatakan tidak lengkap oleh KPU Medan. Dia menduga kabar dokumen pendaftaran itu tidak lengkap karena ada yang memelintir.

"Aku punya udah lengkap. Udah komplit kami punya. Emang dipelintir aja itu, udah lengkap. Nggak tahu kita siapa yang mainkan, kita juga heran," kata Aulia saat dimintai konfirmasi, Senin (14/9).

Aulia menjelaskan pihaknya tidak akan melakukan klarifikasi terkait dokumen pendaftaran yang masih kurang itu. Dia menjelaskan pihaknya fokus kepada visi misi yang disampaikan ke masyarakat.

"Tak usahlah (konfirmasi ke KPU). Kita hanya bercerita tentang visi misi, kita tidak mau bermain black campaign. Nggak mau kita. Kita tetap bercerita visi misi kita agar masyarakat ini paham tentang politik," ujarnya.

Aulia yakin berkas pencalonannya tidak akan bermasalah. Dia menyinggung calon wakil wali kota yang berpasangan dengan Akhyar Nasution, Salman Alfarisi, yang berkas pencalonannya belum lengkap.

"Insyaallah punya aku sudah lengkap, nggak ada masalah. Salman punya yang belum lengkap itu, ijazahnya kan belum lengkap, belum ada surat kehilangan ijazah dia di dinas pendidikan. Mungkin lagi dalam pengurusan, udah selesai mungkin," jelasnya.(M14/detikcom/a)
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com