Kamis, 23 Mei 2024 WIB
Sosialisasikan Tanda Tangan Elektronik

Kadis Kominfo Sumut Harapkan Jadi Solusi Percepat Kinerja ASN

Redaksi - Sabtu, 03 Juni 2023 13:41 WIB
270 view
Kadis Kominfo Sumut Harapkan Jadi Solusi Percepat Kinerja ASN
Foto: Dok/Diskominfo Sumut
SOSIALISASI: Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus foto bersama usai membuka Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik di Lingkungan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumut di Prime Plaza Hotel, Jalan Sultan Serdang, Deliserdang, Rabu (31/5). 
Medan (SIB)
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) Ilyas S Sitorus mensosialisasikan tanda tangan elektronik. Sebuah sistem yang bisa menjadi solusi mempercepat kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Saat ini masalah yang sering terjadi adalah keterlibatan ASN dalam menyelesaikan dokumen-dokumen, karena masih menggunakan tanda tangan konvensional. Ruang dan waktu menjadi kendala ASN terutama pejabat untuk menandatangani dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Melalui tanda tangan elektronik, hal tersebut bisa diatasi, karena bisa melakukan tanda tangan dari mana saja menggunakan telepon genggamnya. Tentu ini merupakan inovasi yang bisa mengubah kultur konvensional ke digital dan tentunya mempercepat proses penyelesaian dokumen.

“Penggunaan tanda tangan elektronik membuat kinerja organisasi lebih ringan dan cepat, pejabat tidak perlu repot lagi harus menandatangani dokumen secara manual dalam jumlah besar,” kata Ilyas S Sitorus saat membuka Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik di Hotel Prime Plaza Kualanamu, Jalan Sultan Serdang Deliserdang, Rabu (31/5).

Yang menjadi banyak pertanyaan terkait tanda tangan elektronik adalah masalah keamanan. Itu bisa diatasi dengan metode verifikasi keaslian dokumen yang menggunakan tanda tangan digital.

“Salah satu aplikasi yang dipresentasikan narasumber hari ini adalah aplikasi Besign, karya Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara, tingkat keamanannya tinggi dan mudah menggunakannya,” kata Ilyas Sitorus.[br]


Sementara Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara Abdul Khairul Zaka mengatakan, pentingnya membentuk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Karena itu harus bisa memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu untuk administrasi.

“Ini bertujuan untuk mengefektifkan dan efisiensi kerja, mengurangi kendala ruang dan waktu untuk menyelesaikan administrasi,” katanya.

Kegiatan sosialisasi dihadiri perwakilan seluruh kabupaten/kota se-Sumut dan jajaran Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara. Hadir juga perwakilan OPD Pemprov Sumut serta pejabat administrator dan pengawas Pemprov Sumut. (A8/c)






Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
ASN
beritaTerkait
Setelah Donasi Bencana Alam, Kini Giliran TPP ASN di Pemkab Humbahas Sudah Hampir Setengah Tahun Belum Dibayarkan
Dolly Pasaribu Jalan Santai Bersama Pimpinan OPD dan ASN Tapsel
Dewas Periksa Ketua KPK 5 Menit
Prioritaskan Honorer Jadi PPPK, Pemkab Batubara Tak Usulkan Formasi CASN 2024
Nurul Ghufron Akui Bantu “Mutasi ASN” di Kementan
Bupati Yusuf Siregar Pamit dan Ajak ASN Tingkatkan Kinerja
komentar
beritaTerbaru