Kapolda Sumut Instruksikan Dampingi dan Edukasi Masyarakat Menuju Era New Normal


406 view
Kapolda Sumut Instruksikan Dampingi dan Edukasi Masyarakat Menuju Era New Normal
Dok/KMDT-Binsar Simatupang
KAPOLDASU: Kapolda SU Irjen Martuani Sormin menjadi pembicara dalam Webinar ‘Strategi Pengembangan Pariwisata di Kawasan Danau Toba di Era Gaya Hidup Baru’ yang diadakan Komite Masyarakat Danau Toba, Kamis (12/6).

Medan (SIB)

Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin menginstruksikan jajarannya mendampingi dan mengedukasi masyarakat menuju era new normal. Jenderal polisi bintang dua itu memastikan, personel di jajarannya komit dan konsekuen menjalankan protokol kesehatan di era pandemi memasuki new normal.

Penegasan tersebut diutarakannya dalam Webinar ‘Strategi Pengembangan Pariwisata di Kawasan Danau Toba di Era Gaya Hidup Baru’ yang diadakan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT). Dari ruang kerjanya di Medan, Irjen Martuani Sormin mengatakan pihaknya mendukung langkah percepatan pembangunan industri pariwisata dan Danau Toba masuk dalam 10 destinasi baru.

“Personel kepolisian mengawal, mengedukasi dan menuntun warga untuk mengindahkan protokol kesehatan. Untuk kawasan wisata yang di dalamnya Danau Toba, juga harus mengindahkan protokol kesehatan,” tambah mantan Kapolda Papua tersebut.

Menurutnya, dalam membimbing dan mengarahkan warga untuk mengindahkan protokol kesehatan pihaknya profesional sebagaimana yang sudah dilakukan selama ini. “Selain mengedukasi, polisi bersama TNI menunjukkan cara memakai masker yang benar dengan membagi gratis pada publik. Mematuhi psysical distancing,” tegasnya sambil menambahkan komitmen pihaknya mendukung penuh kesuksesan program percepatan pembangunan kawasan Danau Toba.

Di kegiatan daring tersebut, Ketua Umum KMDT mengimbau masyarakat, khususnya yang berada di kawasan Danau Toba dengan delapan kabupaten kota, mengindahkan protokol kesehatan. “Kontinius KMDT mendonasi masker dan APB. Hayo dipakai. Selesai dipakai, jangan dibuang karena dapat dipakai kembali setelah dicuci dan disetrika untuk memastikan higienis,” tegas Edison Manurung.

Humasy KMDT Binsar Simatupang SE MM, Jumat (12/6) mengatakan, di sesi pertama, webinar yang dipancarluaskan via streaming digital itu diawali masukan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Sesi selanjutnya Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi sampai pengiat industri pariwisata seperti Dirut BPODT Arie Prasetyo, Ephorus HKBP Pdt DR Darwin L Tobing, Staf Ahli Menteri Sosial Dr Drs Sonny W Manalu MM, Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi, Anggota DPR RI 2014-2019 Dapil Sumatera Utara II Sahat Silaban dan sejumlah tokoh lainnya termasuk tokoh muda Binsar Simatupang.

Ia mengatakan, kegiatan diadakan berkala untuk maksud terus menggelorakan semangat membangun Danau Toba menjadi destinasi kelas dunia. “Meski masih masa pandemi, tapi pegiat pariwisata yang berhimpun dalam KMDT tetap berbuat dan terus melakukannya,” tegas pengurus FKPPI dan anggota Apindo tersebut.

Dalam paparannya, Ketua Umum DPP KMDT St Edison Manurung SH MH memastikan, Bangso Batak fokus mendukung program Presiden Joko Widodo di industri pariwisata khususnya Danau Toba.

Tentang instruksi Kapolda SU pada jajarannya, mantan Ketua DPP KNPI itu mengatakan pihaknya membangun sinergitas dengan TNI/Polri dalam mengedukasi publik memasuki era new normal. “Sangat gampang. Cukup bermasker, mematuhi physical distancing.

Sedapatnya di rumah saja,” tegas pria yang pernah mewakili Indonesia dalam sidang umum PBB dari unsur pemuda tersebut. (rel/R10/p)

Penulis
: redaksisib
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com