Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020

Kapolres Belawan : Antisipasi AncamanTerorisme dan Radikalisme


236 view
Foto: Dok/Humas Polres Belawan
Periksa Pasukan: Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP MR Dayan memeriksa pasukan, pada acara Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020 yang berlangsung di Mapolres Pelabuhan Belawan, Senin (21/12). 
Belawan (SIB)
Berdasarkan mapping/pemetaan kerawanan yang telah dilakukan, sejumlah prediksi gangguan Kamtibmas berupa ancaman terorisme, radikalisme dan sabotase merupakan hal yang harus diantisipasi.

Selain itu, bentuk ancaman lainnya berupa penyalahgunaan narkoba, pesta miras, curat, curanmor dan tawuran antar warga, juga merupakan gangguan Kamtibams yang perlu diwaspadai.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP DR MR Dayan SH MH dalan arahannya pada acara gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Toba 2020, menyambut Natal dan Tahun Baru 2021, yang berlangsung di Mapolres Pelabuhan Belawan, Senin (21/12).

Sebelumnya Kapolres Pelabuhan Belawan juga mengatakan, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

Disebutkan, perayaan Natal dan Tahun Baru secara universal dirayakan oleh masyarakat dengan melaksanakan ibadah, maupun dengan mendatangi tempat wisata akan mengalami peningkatan.

Sehubungan dengan kondisi tersebut Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020, yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari, dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif secara humanis serta penegakkan hukum secara tegas dan profesional.

Pelaksanaan Operasi Lilin 2020, tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.
Selain diikuti pejabat utama di Polres Pelabuhan Belawan dan para Kapolsek jajarannya serta para perwira, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020 juga diikuti 1 pleton Sat Sabhara, 1 pleton Sat Lantas, 10 personel Intelkam, 10 personel Reskrim, 10 personel polsek jajaran, 7 personel TNI AD, 20 personel Satpol PP, dan 10 personel Dishub.

Terkait dengan pengamanan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Pihak Polres Pelabuhan Belawan juga telah mendirikan sejumlah pos pengamanan serta satu Pos Pelayanan disekitar areal Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan.
Sedangkan personel yang dilibatkan dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru sebanyak 400 orang. (M07/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com