Kapolres Sergai: Jaga Kerukunan Umat Beragama dengan Jiwa Toleransi yang Kuat


141 view
(Foto: SIB/Bonny Sembiring)
NARASUMBER: Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang saat menjadi narasumber sekaligus menyampaikan paparannya pada Dialog Sadar Kerukunan Umat Beragama dan Penguatan Moderasi Beragama di Wisma Juang, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Kamis (8/4). 
Sergai (SIB)
Kapolres Serdangbedagai (Sergai) AKBP Robin Simatupang mengatakan, menjaga kerukunan umat beragama dapat terwujud dengan menanamkan jiwa toleransi yang kuat dari seluruh lapisan masyarakat.

Demikian dikatakannya saat menjadi narasumber pada dialog Sadar Kerukunan Umat Beragama dan Penguatan Moderasi Beragama Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) yang dihadiri Ketua FKUB Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Maratua Simanjuntak, Asisten II Pemkab Sergai H Kaharuddin, Kakan Kemenag Sergai Zulkifli Sitorus, Ketua FKUB Sergai H M Irfan Elfuadi Lubis, Ketua MUI Sergai H Hasful Huznain, para OPD, tokoh lintas agama dan camat serta undangan lainnya di Wisma Juang, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Kamis (8/4).

Robin Simatupang lebih lanjut menyampaikan, melalui semangat kebersamaan dan jiwa toleransi yang kuat, maka seluruh masyarakat Sergai akan mampu menjaga kekondusifan serta ketentraman di lingkungannya masing-masing.

Kapolres juga menekankan, dalam kehidupan beragama itu, satu sama lain harus bisa saling menghormati. Sehingga bangsa ini dapat terhindar dari berbagai masalah maupun konflik di tengah masyarakat.

"Dengan terjaganya kerukunan umat beragama, otomatis visi, misi dan cita-cita bangsa ini akan bisa segera terwujud," jelas Robin.

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama, Kakan Kemenag Zulkifli Sitorus menuturkan, dialog sadar kerukunan umat beragama ini merupakan satu langkah untuk mewujudkan visi Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Agama serta menjadikannya sebagai bagian dari rencana strategis tahun 2020-2024.

"Kita semua bertanggungjawab dalam pembangunan agama supaya berjalan dengan baik dan kerukunannya terus terjaga.
Oleh karenanya, mari kita kawal dan jaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini," bebernya.

Sedangkan, Asisten II Pemkab Sergai H Kaharuddin menjelaskan, negara Indonesia memiliki Ideologi Pancasila yang mampu mengikat segenap warganya, demi keutuhan bersama.

"Meski memiliki latar belakang yang berbeda-beda, tetapi Pancasila dapat menyatukan kita dari berbagai latar belakang yang ada," tuturnya.

Kaharuddin pun berharap, kiranya di momen ini para unsur Forkopimda dan pimpinan lainnya bisa semakin bersinergi dalam menjaga kerukunan umat beragama yang kuat di daerah ini.

Pantauan SIB, kegiatan dialog itu turut diisi pemaparan oleh Ketua FKUB Provinsi Sumut H Maratua Simanjuntak dan dilanjutkan dengan peresmian Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan di Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan. (C4/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com