Pasca Bentrok Ormas Pemuda di Simpang Namorih Pancurbatu

Kapolrestabes dan Perwakilan Instansi Pemko Medan dan Deliserdang Bahas Bentrokan Pemuda di Pancurbatu


472 view
Kapolrestabes dan Perwakilan Instansi Pemko Medan dan Deliserdang Bahas Bentrokan Pemuda di Pancurbatu
SIB/Roy Surya Damanik
RAPAT MEMBAHAS: Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi didampingi Kasat Intelkam AKBP Masana Sembiring melakukan rapat membahas terkait konflik F.SPTI-K.SPSI, yang dihadiri perwakilan Dishub Kota Medan, Kanwil Kemenkumham Sumut, Kes
Medan (SIB)- Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi melakukan rapat mediasi di Aula Intelkam Mapolrestabes, Senin (12/11) siang terkait bentrokan antar dua kelompok pemuda di Simpang Namorih, Kecamatan Pancurbatu hingga memakan korban luka, baru-baru ini.

Rapat tersebut dihadiri  Kasat Intelkam AKBP Masana Sembiring, perwakilan Dishub Kota Medan, Kanwil Kemenkumham Sumut, Kesbangpol Medan, Kabag PD Pasar, Disnaker Medan dan Deliserdang, Kapolsek Pancurbatu, Koramil, Sekcam, Disperindag Deliserdang dan Kabid Pasar.

"Persoalan ini terkait beberapa eksistensi yang memberikan dampak. Ini bersifat ilegal premanisme yaitu pengutipan kendaraan yang lewat dan menguasai pasar," ujar Kombes Dadang saat memimpin rapat.

Jika ini dibiarkan lanjutnya, aksi premanisme akan meresahkan semuanya. Secara legal organisasi pemuda manapun  tidak mempunyai kewenangan. Ini tidak boleh terjadi dan seluruh instansi harus peduli .

"Kepada PD Pasar harus berani mengelolanya. Masyarakat dari satu sisi mereka terbantu. Uangnya tidak masuk ke organisasi melainkan masuk ke kas negara," terangnya.

Lanjutnya, semua harus bekerjasama dalam satu persepsi. Laksanakan rapat teknis untuk kelola Pasar Pancurbatu contohnya seperti bongkar muat dan kutipan parkir, sehingga tidak diperebutkan lagi.

"Semua ini dilakukan demi kepentingan masyarakat dan demi kepentingan mereka yang konflik, supaya tidak ada korban lagi. Dan arahnya menjaga kondusivitas Kota Medan," imbaunya dengan tegas.

Sebelumnya, dua kelompok pemuda bentrok di Jalan Jamin Ginting Km 17, Simpang Namorih Desa Lama, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (10/11). Lima orang dari kedua kelompok yang bertikai itu mengalami luka terkena senjata tajam dan benda keras. Motif bentrokan tersebut masih dalam penyelidikan polisi, namun diduga terkait perebutan lahan.(A16/c)

Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com