Kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Sergai Jauh dari Target Cakupan Semesta


357 view
Kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Sergai Jauh dari Target Cakupan Semesta
SIB/Dok
KOORDINASI : Pihak BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam bersama Kejari Sergai dan pihak terkait lainnya saat melakukan koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan kepatuhan Semester II Tahun 2017, Kamis lalu.
Sergai (SIB) -Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Lubuk Pakam mencatat kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) baru mencapai 54 persen atau sebanyak 348.092 jiwa dari 642.834 jiwa total jumlah penduduk Sergai.

"Jumlah ini masih jauh dari target Cakupan Semesta kepesertaan JKN. Untuk Kabupaten Sergai di 1 Januari 2019 harus mencapai 95 persen. Masih ada GAP kepesertaan sebanyak 610.692 jiwa yang harus dicapai dalam waktu 13 bulan ke depan," ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam Rita Masyita Ridwan kepada SIB lewat ponselnya, Minggu (19/11).

Rendahnya persentase ini, lanjutnya, di antaranya dikarenakan masih terdapat badan usaha di Sergai yang belum bergabung dalam program JKN-KIS sehingga belum melaksanakan kewajiban pendaftaran program ini kepada BPJS Kesehatan dengan jumlah perkiraan pekerja yang cukup besar. Sedang sebanyak 412 badan usaha baru dan 125 badan usaha eks Jamsostek, ujarnya, telah mendaftar sebagai peserta JKN-KIS dengan total jiwa sebanyak 10.173 pekerja dan 20.805 keluarga.

Belum lama ini, pihaknya bersama Kejari Sergai telah menyelenggarakan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan kepatuhan Semester II Tahun 2017.
Pertemuan itu, jelasnya, turut membahas penyamaan data jumlah penduduk dengan data jumlah peserta JKN-KIS yang ada dalam upaya mencapai Cakupan Semesta Program JKN-KIS di Sergai.

Menurutnya, Kajari Sergai Jabal Nur memberikan dukungan penuh terhadap percepatan Jaminan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage) pada Tahun 2019. Kajari berharap, koordinasi sinergi yang baik  dengan seluruh stakeholder harus terwujud, khususnya Dinas Kesehatan. Karena kepuasan peserta terhadap program JKN-KIS ditentukan dari pelayanan pada fasilitas kesehatan yang maksimal. (C-08/f)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com