Kesehatan Tanggungjawab Bersama Pemerintah, Swasta dan Masyarakat


157 view
Kesehatan Tanggungjawab Bersama Pemerintah, Swasta dan Masyarakat
Foto SIB/Pally S
Mendaftar : Sejumlah warga mendaftar sebagai peserta dalam kegiatan Sosperda Kesehatan Kota Medan, yang diselenggarakan anggota DPRD Medan Janses Simbolon, Senin (18/12).
Belawan (SIB)
Anggota DPRD Kota Medan, Janses Simbolon sosialisasikan Perda (Sosper) No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Senin (18/12).
Kegiatan yang berlangsung di Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan tersebut dihadiri seratusan warga Kecamatan Medan Labuhan sekitarnya.
Dalam kegiatan itu, Janses Simbolon bersama tim sosialisasinya mengatakan, sesuai Perda Kota Medan Nomor 4 tahun 2012, pembangunan kesehatan merupakan tanggungjawab bersama, antara pemerintah, swasta dan masyarakat, sehingga derajat kesehatan setinggi-tingginya bagi pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia dapat tercapai.
Disebutkan, Sistem Kesehatan Kota Medan (SKK) yang meliputi upaya kesehatan, regulasi kesehatan pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, sediaan farmasi, alat kesehatan, makanan, manajemen dan informasi kesehatan serta pemberdayaan masyarakat, merupakan pedoman penyelenggaraan pembangunan kesehatan di wilayah Kota Medan, dilaksanakan pemerintah daerah swasta dan masyarakat.
Selain itu, SKK juga untuk mewujudkan pembangunan kota berwawasan kesehatan, meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang aman, adil terjangkau, terbuka bagi masyarakat dan meningkatkan akses masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan, serta mewujudkan kemandirian daerah dalam bidang kesehatan.
Pemerintah daerah bertanggungjawab terhadap pengelolaan pelayanan kesehatan dasar, secara operasioanl dilaksanakan oleh dinas melalui Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan UPT Dinas, sedangkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) merupakan pusat rujukan bagi seluruh sarana kesehatan pemerintah, dan rumah sakit swasta juga dapat menjadi rujukan bagi pelayanan kesehatan.
Pemerintah daerah juga berkewajiban membiayai seluruh upaya kesehatan dalam menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan yang aman, adil, terbuka dan terjangkau bagi masyarakat, serta mendorong swasta dan masyarakat untuk berperan aktif secara mandiri dalam mengatasi masalah pembiayaan usaha kesehatan perorangan dan usaha kesehatan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, juga diberikan bingkisan kepada ratusan warga yang hadir.(**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com