Ketua Aspatan Sumut: Audit Investigasi Penggunaan Dana Desa 2021 di Sumut Rp4,53 Triliun


263 view
Ketua Aspatan Sumut: Audit Investigasi Penggunaan Dana Desa 2021 di Sumut Rp4,53 Triliun
Foto: Ist/harianSIB.com
Toni Togatorop SE MM .

Medan (harianSIB.com)


Ketua DPD Assosiasi Petani dan Pedagang (Aspatan) Sumut Toni Togatoro SE MM mengatakan, penggunaan dana desa tahun 2021 di Sumut yang jumlahnya mencapai Rp4,53 triliun untuk 5000 lebih desa di Sumut perlu dilakukan pengusutan dan audit investigasi secara menyeluruh, karena diduga banyak terjadi penyelewengan.

"Dari hasil penelusuran kita di lapangan, banyak proyek infrastruktur desa yang anggarannya bersumber dari dana desa hasilnya amburadul dan luput dari pemantauan, dikarenakan lokasinya jauh di pelosok desa," tambah Toni Togatorop kepada wartawan, Sabtu (13/8/2022) di Medan.

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Ketuà DPD Partai Hanura Sumut itu seusai menerima pengaduan sejumlah kelompok tani dari Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, terkait pembangunan infrastruktur desa yang anggarannya bersumber dari dana desa kondisinya sangat amburadul.

"Masyarakat desa benar-benar prihatin terhadap kualitas pembangunan dana desa , sehingga mereka berharap adanya tim investigasi dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI bekerja-sama dengan aparat penegak hukum melakukan audit investigasi ke lapangan untuk melihat hasilnya secara menyeluruh," tambah Toni.

Tidak seperti selama ini, tambah mantan Ketua Fraksi Partai Hanura DPRD Sumut itu, sebagian besar tim audit hanya datang di kantor kepala desa mendengarkan penjelasan dan laporan dari Kades, yang berujung "perdamaian" antara oknum tim audit dengan oknum Kades.

Editor
: Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com