Ketua DPRD SU "Warning" Masyarakat, Waspadai Lonjakan Omicron XBB


258 view
Ketua DPRD SU "Warning"  Masyarakat, Waspadai  Lonjakan Omicron XBB
Foto Dok/Baskami
Warning: Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting memberi "warning" kepada seluruh elemen masyarakat agar tetap mewaspadai terjadinya  lonjakan gelombang varian baru Covid-19, seperti Omicron  XBB dan BQ1 saat melakukan kegiatan reses di Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Minggu (27/11/2022).

Medan (harianSIB.com)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting memberi "warning" kepada seluruh elemen masyarakat agar tetap mewaspadai terjadinya lonjakan gelombang varian baru Covid-19, seperti Omicron XBB dan BQ 1 yang diperkirakan akan mengalami puncak lonjakan dalam dua pekan ini, sehingga bisa tembus mencapai 15 ribu kasus.


"Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah mewanti-wanti, kasus Covid-19 subvarian baru Omicron XBB dan BQ1 akan terjadi puncak lonjakan dalam dua pekan ini, bisa mencapai 15 ribu kasus. Ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan kita, sehingga perlu diwaspadai," tandas Baskami Ginting kepada wartawan, Minggu (27/11/2022) melalui telepon di Medan.


Penegasan itu disampaikan Baskami di sela-sela kegiatan reses dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat di Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, menanggapi pernyataan Menteri Kesehatan RI memprediksi puncak kasus Covid-19 XBB maupun BQ.1 bakal melonjak dalam kurang dari dua minggu ke depan.


"Kisaran harian kasus berada di bawah 20 ribu infeksi Covid-19. Atau antara satu dan dua pekan ke depan, kemungkinan puncak kasus Covid-19 bakal tercapai 10 hingga 15 ribu kasus per hari," ujar Menteri Kesehatan.


Tren kenaikan ini, kata Baskami, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan subvarian Omicron sebelumnya, yaitu BA.4 dan BA.5, sehingga semua pihak diingatkan agar menjaga diri masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah.


"Untuk Sumut diperlukan pemantauan secara ketat terkait perkembangan omicron, agar bisa diminimalisir kemungkinan adanya dampak terburuk yang terjadi," kata Baskami.


Berkaitan dengan itu, Ketua Baguna DPD PDI Perjuangan Sumut ini mendesak Dinkes Sumut untuk segera melakukan langkah mitigasi, untuk menekan perkembangan virus, agar omicron tidak melonjak dalam beberapa pekan ke depan, sesuai kekuatiran Menteri Kesehatan RI.


"Terpenting bagi masyarakat, jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, hand sanitizer, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal ini sangat penting, agar tidak terjadi lonjakan kasus terpapar yang signifikan," kata politisi PDI Perjuangan ini.


Bahkan anggota dewan Dapil Medan ini tetap mengingatkan masyarakat, agar dalam menyikapi terjadinya lonjakan omicron dimaksud, jangan sampai menimbulkan kegaduhan.


Melainkan, hadapi dengan tenang, tapi tetap waspada dan taati aturan sesuai dengan anjuran pemerintah.(A4).


Editor
: Robert/Eva Rina Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com