Rabu, 12 Juni 2024 WIB

Ketua DPRD SU Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Awasi Netralitas ASN Jelang Pemilu 2024

* Laporkan ke Bawaslu dan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu Jika Ada ASN Memihak
Redaksi - Minggu, 19 November 2023 17:35 WIB
232 view
Ketua DPRD SU Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Awasi Netralitas ASN Jelang Pemilu 2024
Foto: Ist/harianSIB.com
Ketua DPRD Sumut, Drs Baskami Ginting
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengajak seluruh elemen masyarakat turut serta mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang perhelatan Pemilu 2024, demi terciptanya Pemilu yang bersih, jujur dan adil.
"Untuk mengawasi berjalannya Pemilu, tidak saja tanggungjawab penyelenggara Pemilu, baik aparat kepolisian dan Bawaslu. Tapi masyarakat juga berhak untuk mengawalnya," kata Baskami Ginting kepada wartawan, Sabtu (18/11), melalui telepon di Medan.
Berkaitan dengan itu, Baskami meminta masyarakat segera melaporkan ke Bawaslu maupun kepolisian yang tergabung dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu, (Gakkumdu), jika ada ditemukan ASN memihak kepada calon pasangan (Paslon), baik presiden/wakil presiden maupun kepala daerah.
"Masyarakat juga bisa meningkatkan pengawasannya dengan menggandeng media massa yang tentunya kredibel dan terpercaya," tambah politisi senior PDI Perjuangan itu sembari meminta Bawaslu turut menyosialisasikan terkait potensi ketidaknetralan ASN ini kepada masyarakat.
"Ketidaknetralan ASN ini biasanya ada instruksi kepala daerah yang mengarahkan pemilihan kepada calon tertentu atau mengalihkan kewenangannya untuk pasangan calon tertentu. Hal ini jelas merupakan pelanggaran," jelasnya.
Baskami menambahkan, Undang-Undang No5/2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah (PP) No94/2021 telah mengatur batasan ASN dan saksi yang diberikan. Batasan itu berlaku dari sebelum atau saat dan pasca Pemilu.
"Batasan itu meliputi keaktifan ASN dalam proses kampanye, gesture tubuh, mengajak, menjadi tim kampanye, hingga menyelenggarakan kampanye," tambah Baskami sembari mengimbau para kepala daerah tetap menjaga netralitas dan tidak melanggar hukum.
Baskami juga meminta para kepala daerah memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat serta pendidikan politik yang mencerdaskan dalam kerangka demokrasi yang sehat, jujur dan adil alias tanpa tercela. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polres Simalungun Patroli Dialogis di Malam Hari
Tokoh Masyarakat Ingatkan Kaum Intelektual Hindari Aksi Provokatif Jelang Pemilu 2024
Polsek Patumbak Siap Mengamankan Kotak Suara Jelang Pemilu 2024
Polres Samosir Patroli Cegah Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024
Ketua DPRD SU Ingatkan Pemprov Sumut Jangan Tunda Pencairan DBH ke Kabupaten/Kota
Bhabinkamtibmas Polsek Tigabalata Ajak Pangulu Nagori Jaga Kekondusifan Jelang Pemilu 2024
komentar
beritaTerbaru