Ketua DPRD SU Apresiasi Kegiatan Kemensos di Tengah Covid-19


209 view
Ketua DPRD SU Apresiasi Kegiatan Kemensos di Tengah Covid-19
Foto Dok/Drs Baskami Ginting
Drs Baskami Ginting
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengapresiasi Kemensos (Kementerian Sosial) yang tidak bosan-bosannya melakukan berbagai kegiatan bersifat perlindungan sosial, rehabilitasi sosial, maupun pemberdayaan sosial di tengah merebaknya pandemi Covid-19.

"Berdasarkan catatan kita, sejak kuartal pertama tahun ini, Kemensos telah melakukan kegiatan yang cukup banyak dengan anggaran sangat besar, yakni berupa bantuan sosial (Bansos) yang bersifat reguler maupun menyalurkan PKH (Program Keluarga Harapan), " ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Jumat (2/10) melalui telepon.

Selain itu, tambahnya, ada juga penerima manfaat program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ditambah uang tunai Rp 500 ribu, dan penerima PKH ditambah bantuan beras 15 kilogram per keluarga untuk 3 bulan, program santunan kematian bagi ahli waris korban Covid-19," ujar Baskami.

Bahkan ada juga program dukungan untuk balai rehabilitasi sebagai tempat isolasi mandiri, program tambahan seperti logistik dan beberapa alat kesehatan tetap dilakukan untuk compliment program perlindungan sosial yang sudah berjalan.

“Semua program kerja Kemensos RI ini, baik yang bersifat perlindungan sosial, rehabilitasi sosial, penanganan fakir miskin, serta pemberdayaan sosial kepada masyarakat, sangat perlu dilakukan pengawasan, apakah sudah sampai di tangan masyarakat atau tidak," tandas Baskami.

Berkaitan dengan itu, Baskami mengajak seluruh elemen masyarakat agar ikut melakukan pengawasan secara ketat, agar benar-benar sampai ke tangan masyarakat yang berhak. Jangan sampai disalah-gunakan oknum tertentu untuk kepentingan pribadinya.

Memang diakui Baskami, pada situasi Covid-19 saat ini, masih banyak warga terdampak yang belum tersentuh oleh program bantuan. Masyarakat harus ikut mendata dan segera disampaikan kepada pemerintah daerah setempat, agar dapat membantu warga yang belum mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

Menurut politisi PDI Perjuangan Sumut ini, pemerintah pusat sudah menganggarkan penanganan Covid-19 hampir Rp700 triliun di APBN 2020 dan Rp 240 triliun untuk perlindungan sosial dan sekitar Rp120 triliun ditangani Kemensos.

"Seharusnya dengan anggaran sebesar ini, ditambah dari Pemkab/Pemko dan provinsi maupun pihak swasta serta perorangan, tentu seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19 bisa ditangani dengan baik," ujar Baskami Ginting seraya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawasi penyalurannya. (M03/d)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com