Ketua DPRD SU Ingatkan Gubernur Jangan Paksakan Penertiban Bumper Sibolangit


723 view
Ketua DPRD SU Ingatkan Gubernur Jangan Paksakan Penertiban Bumper  Sibolangit
Foto Dok/Firdaus
Drs Baskami Ginting 

Medan (harianSIB.com)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengingatkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi agar jangan paksakan menertibkan Bumi Perkemahan (Bumper) Pramuka Sibolangit Kabupaten Deliserdang, yang sebagian besar telah didiami masyarakat, tanpa memikirkan hak ekonomi, sosial dan budaya setempat.

"Gubernur Sumut sama sekali tidak boleh mengabaikan hak-hak ekonomi, sosial dan budaya masyarakat setempat. Selesaikanlah dengan azas musyawarah dan mufakat," tandas Baskami Ginting kepada wartawan, Kamis (19/1/2023) di DPRD Sumut.

Pernyataan itu disampaikan Baskami menanggapi ungkapan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang menolak untuk dilakukan dialog dengan masyarakat mengenai penertiban Bumper Pramuka Sibolangit.

“Kita tidak ada diskusi di situ, hanya masyarakat yang perlu tahu, bahwa itu untuk Pramuka dan milik Pramuka, ada serifikatnya dan peruntukkannya untuk kepemudaan,” kata Edy menjawab wartawan, Rabu (18/1/2023) di Kantor Gubernur Sumut.

Mantan Pangkostrad ini menegaskan, Bumper Sibolangit itu harus segera ditertibkan dan jadwalnya sudah ditetapkan di bulan Januari 2023 ini, karena lahan tersebut diperuntukkan untuk kegiatan Pramuka dan pendidikan untuk kepemudaan.

Menurut Baskami, pemerintah harus arif dan bijaksana menyelesaikan kemelut Bumper Pramuka Sibolangit, karena penggusuran secara paksa dipastikan akan menimbulkan masalah baru, karena masyarakat yang sudah mendiami lahan, sebagian besar mengandalkan mata pencaharian dari kawasan itu.

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com