Senin, 22 Juli 2024

Ketua DPRD SU Minta Siapkan Langkah Antisipasi Bencana dan Tekan Lakalantas Arus Balik Lebaran

Redaksi - Rabu, 26 April 2023 14:09 WIB
299 view
Ketua DPRD SU Minta Siapkan Langkah Antisipasi Bencana dan Tekan Lakalantas Arus Balik Lebaran
Foto Dok/Staf
JALAN BERIRINGAN: Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting jalan  beriringan dengan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panc

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut dan aparat kepolisian untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi terjadinya bencana dan menekan laka lantas di tengah arus balik Lebaran.

"Kita meminta aparat kepolisian, BPBD Sumut dan kabupaten/kota, Basarnas dan BMKG terus memantau titik-titik rawan bencana, seperti longsor, banjir gelombang pasang dan kemungkinan terjadinya kebakaran lahan di musim panas saat ini," kata Baskami Ginting kepada wartawan, Rabu (26/4/2023), di DPRD Sumut.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Sumut itu, jalan lintas nasional dan provinsi relatif panjang di Sumut, perlu diperhatikan serius titik-titik yang berpotensi terjadinya bencana, karena sangat rawan di saat cuaca ekstrim sekarang, sehingga perlu terus dilakukan upaya mitigasi.

Seperti diketahui, tambah Baskami, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beberapa waktu lalu, telah merilis adanya potensi terjadi bencana hidrometeorologi basah dan kering saat periode mudik Lebaran. Hal ini terjadi, berdasarkan karakteristik wilayah yang ada.

Berkaitan dengan itu, lanjut Baskami, seluruh stakeholder, termasuk Pemprov Sumut dan Pemkab/Pemko se-Sumut harus terus melakukan pemantauan pada area yang berpotensi terjadinya bencana, di tengah arus balik saat ini. [br]


"Agar masyarakat merasa nyaman saat balik ke kota asal, untuk kembali melanjutkan aktivitas, setelah mudik lebaran. Kita meminta TNI dan Polri untuk terus meningkatkan keamanan bagi para pemudik," katanya.

Yang paling terpenting, ujar Baskami, semua pihak harus menekan angka kecelakaan, baik di jalan tol, di jalan lintas, jalur penyebrangan dan awak transportasi agar tetap dalam kondisi prima.

"Periksa secara rutin kondisi kendaraan, jangan terburu-buru. Harus diingat, tetap utamakan keselamatan, agar selamat sampai tujuan dan bertemu dengan keluarga," jelasnya. (A4)




Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ketua DPRD SU Desak KPID Tingkatkan Pengawasan Jelang Pilkada
Ketua DPRD SU Prihatin Kondisi Anjungan Sumut di TMII DKI Jakarta Minim Fasilitas
Ketua DPRD SU "Sidak" ke Bank Sumut Cabang Melawai DKI Jakarta Lihat Capaian Target
Ketua DPRD SU Apresiasi Pemprov Sumut Alokasikan Dana Hibah Pilkada di Sumut Rp999 Miliar
Pemerhati Pembangunan Jalan Datangi Ketua DPRD SU Minta Lanjutkan Proyek Multiyears Rp2,7 T
Ketua DPRD SU: HUT ke-78 Bhayangkara Jadikan Semangat Polri Semakin Menyala Lindungi Rakyat
komentar
beritaTerbaru