Komisi IV DPRD Medan Apresiasi Bobby Sudah Banyak Menindak Bangunan Melanggar Perda


244 view
Komisi IV DPRD Medan Apresiasi Bobby Sudah Banyak Menindak Bangunan Melanggar Perda
(Foto SIB/Dok Komisi IV DPRD Medan)
DIRUBUHKAN: Alat berart milik Pemko Medan sedang merubuhkan bangunan yang melanggar Perda. Sebulan terakhir ini, Wali Kota Medan Bobby Nasution sudah banyak menertibkan bangunan yang melanggar izin.
Medan (SIB)
Ketua Komisi IV DPRD Medan Paul MA Simanjuntak SH mengapresiasi kinerja Wali Kota Medan Bobby Nasution yang sudah banyak menertibkan bangunan bermasalah sejak dilantik 26 Pebruari lalu. Setelah dilantik, menantu Presiden Joko Widodo ini langsung “tancap gas”, langsung turun membuat perhitungan pada bangunan yang melanggar Perda.

Menurut Paul, bangunan bermasalah yang banyak terdapat di Medan adalah, melanggar roilen, melanggar garis sempadan jalan, tidak memiliki surat izin mendirikan bangunan (SIMB) dan melanggar SIMB. Banyak temuan dewan di lapangan, setiap kunjungan ke lapangan, hanya sedikit pemilik bangunan yang patuh terhadap Perda.

“Sangat banyak yang melanggar peraturan, akibatnya terjadi kebocoran PAD. Jika izin diurus kan ada retribusi yang ditarik dinas bersangkutan menjadi pendapatan asli daerah (PAD). Tapi kalau peraturan dilanggar, PAD banyak yang bocor, padahal PAD itu untuk pembangunan,” kata Paul kepada wartawan, Sabtu (13/3).

Dari temuan di lapangan, Komisi IV biasanya melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan memanggil pemilik bangunan dan dinas terkait serta Satpol PP. Setelah dilakukan RDP dibuatlah rekomendasi bongkar kepada dinas terkait dan dinas memerintahkan Satpol PP membongkar. “Tapi sayangnya, sangat banyak rekomendasi kami tidak dilaksanakan Satpol PP. Kami tidak tahu entah kenapa, tapi itu pada kepemimpinan Medan sebelumnya,” terang Paul.

Namun lanjut dia, sejak Bobby memimpin Medan bersama Aulia Rahman, Wali Kota mengkolaborasikan data Komisi IV DPRD Medan dan data sendiri yang diperoleh dari masyarakat. Kemudian memanggil Satpol PP untuk membongkarnya. “Nah, setelah Bobby wali kotanya kok bisa bangunan bermasalah ditertibkan, Kasatpol PP yang tidak pernah datang saat kami panggil RDP tapi sudah ikut mendampingi wali kota membongkar bangunan. Berarti pemimpin Medan itu harus tegas biar Kasatpol PP Satpol PP mau bekerja,” tegasnya.

Menurut dia, jika melakukan penertiban bangunan di lapangan, Bobby Nasution langsung memerintahkan mengerahkan alat-alat berat agar bangunan cepat hancur. Tidak selama ini hanya membawa martil (godam) untuk ketok cantik. Tapi sekarang Bobby mengerahkan seluruh kekuatan milik Pemko yang selama ini jarang dipergunakan. “Kita salut dengan Bobby, dengan demikian laporan hasil temuan dewan di lapangan cepat direspon wali kota untuk ditindak,” tuturnya. (A8)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com