Kuliner Pasar Kreatif, Hasil Gagasan Pj Wali Kota Tebingtinggi Mulai Ramai Pengunjung


135 view
Kuliner Pasar Kreatif, Hasil Gagasan Pj Wali Kota Tebingtinggi Mulai Ramai Pengunjung
Foto: SIB/Humala Siagian
KONDISI : Beginilah kondisi Kuliner Pasar Kreatif di Terminal Bandar Kajum Tebingtinggi saat dikunjungi SIB, Minggu (4/2). 

Tebingtinggi (SIB)

Kuliner Pasar Kreatif (KPK) yang digagas Pj Wali Kota Tebingtinggi Drs Syarmadani MSi mulai ramai dikunjungi masyarakat. Demikian hasil liputan SIB, Minggu (4/1)

KPK yang berlokasi di kawasan Terminal Bandar Kajum (Kelurahan Lalang) ini, dibuka mulai dari jam 07.00 hingga 12.00 WIB, setiap minggunya, pada Sabtu dan Minggu.

Berdasarkan informasi dari Ketua Koordinator Destinasi Wisata KPK, Hijrah Saputra, animo yang ada bukan hanya dari masyarakat pengunjung namun dari pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) juga ikut bertambah. Hal ini menambah pilihan varian kuliner yang ada.

"Dari pertama berdiri ada sekitar 20 UMKM, kuliner masa lalu dan kekininan. Seiring perkembangan waktu, saat ini sudah ada sekitar 43 UMKM yang bergabung di Kuliner Pasar Kreatif ini," ujarnya.

Diungkapkannya, yang menjadi keunikan di Kuliner Pasar Kreatif ini ialah transaksi menggunakan koin kayu atau ky dengan nominal 1 ky sebesar Rp 2.000 (dua ribu rupiah). Ky tersebut dapat ditukarkan sebelum melakukan transaksi pembelian kuliner.

Salah seorang pelaku UMKM di KPK, Rini Kus Endang, merasa sangat terbantu dengan adanya Kuliner Pasar Kreatif ini. Hal ini menurutnya, ikut mendongkrak dan menggeliatkan perekonomian pelaku UMKM serta menaikkan potensi Kota Tebingtinggi sebagai kota kuliner.

"Ke depan kami lebih diperhatikan, dibantu promosi. Karena pengunjung juga bukan hanya dari Kota Tebingtinggi, jadi peran serta Diskominfo dan media sangat kami harapkan untuk kemajuan," pungkasnya.

Sementara itu, seorang pengunjung, Epidayanti yang beralamat di Kelurahan Karya Jaya, merasa antusias dan senang dengan adanya KPK ini. Selain menjadi tujuan wisata kuliner yang baru di Kota Tebingtinggii juga dapat memberikan edukasi bagi anak.

"Sangat senang dengan keberadaan pasar kuliner ini, harganya terjangkau dan rasa enak. Saya tadi mengajak anak sekolah memperkenalkan makan tradisional, modern dan terus mereka bisa main panahan. Saran saya kalau bisa diedukasi buat sekolah-sekolah yang ada dengan kegiatan lain, wahana lebih ditambah," tutupnya (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com