Luhkum di Percut Seituan, Dr Iwan Ginting: Menambah Pengetahuan Warga tentang Hak dan Kewajiban Bernegera


215 view
Luhkum di Percut Seituan, Dr Iwan Ginting: Menambah Pengetahuan Warga tentang Hak dan Kewajiban Bernegera
(Foto: Dok/Panitia)
PENYULUHAN HUKUM: Suasana penyuluhan hukum (Luhkum) yang disampaikan para nara sumber Alumni FH USU kepada warga di Percut Seituan Deliserdang, Senin (12/2/2024).
Medan (harianSIB.com)
Para alumni Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH USU) mengadakan penyuluhan hukum (Luhkum) kepada masyarakat Desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Senin (12/2/2024).
Kegiatan itu menghadirkan nara sumber sejumlah alumni FH USU. Para nara sumber ini menyampaikan ilmu pengetahuan dan pikiran terkait pemilihan umum (pemilu).
“Kegiatan itu sekaligus menyemarakkan Dies Natalis FH USU ke-70 tahun 2024 yang mengusung tema “Pengabdian kepada Masyarakat, Gunakan Hak Pilih Salurkan Aspirasi,” sebut Yos A Tarigan, selaku Humas Panitia Dies Natalis USU dalam keterangan tertulisnya via WhatsApp kepada wartawan, Senin (12/2-2024).
Disampaikan Yos, kegiatan itu dihadiri Dekan FH USU Dr Mahmul Siregar dan Ketua Panitia Dr Iwan Ginting, yang juga Aspidsus Kejati Sumut.
Nara sumber kegiatan itu antara lain, Dr Afnila (Hak Memilih Sebagai Hak Konstitusional Warga Negara), Dr Abdul Haris Nasution yang juga Ketua KIP Sumut (Pemilu, Informasi Publik: Hak Anda untuk tahu), serta Yusron, SH MHum (Bagaimana Menjadi Pemilih yang Rasional).
Mahmul Siregar menyampaikan terima kasih kepada panitia beserta sivitas atas terlaksananya kegiatan penyuluhan hukum sebagai amanat luhur dari Tridharma Perguruan Tinggi (PT).
Hal senada disampaikan Ketua Panitia Dr Iwan Ginting. Menurutnya, selain sebagai amanat luhur PT dan bisa bersilaturahmi sesama alumni FH USU, juga sebagai karya nyata sumbangsih nyata dalam hal pengabdian masyarakat.
"Bersinergi dan berkolaborasi menuju kejayaan sebagai salah satu perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi," ujar Iwan Ginting sebagaimana disampaikan Yos Tarigan.
Iwan Ginting berharap, penyuluhan hukum itu bisa menambah pengetahuan masyarakat mengenai apa yang menjadi hak dan kewajiban dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Panitia juga menggelar bakti sosial dengan membagikan bingkisan berupa bahan pokok kepada warga.
Turut hadir Kepala Desa (Kades) Sambirejo Timur Arifin, Edwin Nasution (Kepala Inspektorat Kabupaten Deliserdang), Humas Dies Natalis ke-70 FH USU Yos Tarigan dan para alumni lainnya. (** )

Penulis
: Koran SIB/Martohap Simarsoit
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com