Kamis, 23 Mei 2024 WIB

Massa Buruh Unjuk Rasa ke DPRD SU Tolak Perpu UU Cipta Kerja

Redaksi - Senin, 06 Februari 2023 14:39 WIB
195 view
Massa Buruh Unjuk Rasa ke DPRD SU Tolak Perpu UU Cipta Kerja
Foto: Dok/SIB/Firdaus Peranginangin
Tolak: Massa buruh di Sumut unjuk rasa di depan Gedung DPRD Sumut, Senin (6/2/2023), menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perpu) Cipta Kerja. 
Medan (harianSIB.com)
Massa buruh di Sumut unjuk rasa di depan Gedung DPRD Sumut, Senin (6/2/2023), menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perpu) Cipta Kerja, karena isinya mirip dengan Undang Undang Omnibus Law Cipta Kerja.
"Apalagi diketahui UU Omnibus Law No11/2020 tentang Cipta Kerja sudah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK), bahwa UU tersebut cacat formil dan inkonstitusional bersyarat dan diberikan waktu dua tahun untuk diperbaiki," ujar juru bicara buruh, Willy Agus Utomo, dalam orasinya.
Tapi apa yang terjadi, katanya, justru direspon pemerintah dengan mengeluarkan Perpu Cipta Kerja yang isinya mirip dengan UU Omnibus Law Cipta Kerja, sehingga terpaksa disikapi oleh massa buruh dengan aksi turun ke jalan dengan satu tuntutan menolak Perpu yang dianggap menyengsarakan buruh.
Berdasarkan kondisi tersebut, kata Willy, atas nama keadilan dan kesejahteraan rakyat miskin kelas pekerja, para buruh, tani, nelayan dan rakyat miskin kota menolak Perpu Omnibus Law Cipa Kerja, menolak Rancangan Undang Undang (RUU) Omnibus Law Kesehatan, hapuskan sistem kerja "perbudakan" outsourching, kontrak dan harian lepas.
Menanggapi tuntutan tersebut, anggota DPRD Sumut Abdul Rahim Siregar berjanji akan menyampaikan tuntutan pengunjuk rasa ke pemerintah pusat dan DPR RI di Jakarta, untuk dicari solusi terbaiknya, agar nasib para buruh bisa terlindungi serta memperoleh kemakmuran.
Setelah puas melakukan orasi di depan gedung dewan, akhirnya massa buruh meninggalkan rumah rakyat tersebut. Begitu juga aparat kepolisian yang sejak pagi sudah siaga menjaga keamanan di gedung dewan, perlahan membubarkan barisan.(A4)


Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Seratusan Massa Buruh Unjuk Rasa ke DPRD SU "Cari-cari" Anggota Dewan
Massa Buruh Unjuk Rasa ke DPRD SU Tuntut Pemerintah Cabut UU Ciptaker
Peringati Hari Buruh Sedunia, Massa Buruh di Sumut Unjuk Rasa ke DPRD Sumut
Massa Buruh Unjuk Rasa ke DPRD SU Tolak Pengesahan Perppu Ciptaker Jadi Undang-Undang
Massa Buruh Unjuk Rasa ke DPRD SU Tolak Pengesahan Perppu Ciptaker Jadi UU
Massa Buruh Unjuk Rasa ke DPRD SU Tolak Perpu “Perbudakan” UU Cipta Kerja
komentar
beritaTerbaru