Masyarakat Keberatan Lurah Menunjuk Kepling, Wali Kota Harus Terbitkan Perwal

* Hasyim: Sebelum Keluar Perwal Tidak Boleh Ada Pemberhentian Kepling

214 view
Foto Dok
Ketua DPRD Medan Hasyim SE
Medan (SIB)
Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Medan Edwin Sugesti Nasution berharap, Wali Kota Medan Bobby Nasution segera menerbitkan peraturan Wali Kota (Perwal) terkait Perda Nomor 9 Tahun 2017 tentang pedoman pembentukan lingkungan, pengangkatan dan pemberhentian Kepala Lingkungan (Kepling). Karena sudah banyak terjadi permasalahan dalam pengangkatan Kepling, terutama ada keberatan warga tentang pengunjukan langsung oleh Lurah.

“Padahal harus ada dulu rembug atau musyawarah dari masyarakat, karena masyarakat ingin mengusulkan sosok calon Keplingnya,” kata Edwin Sugensti kepada wartawan, Minggu (14/3).

Persoalan Kepling, kata politisi PAN ini, sering jadi masalah, bahkan sampai berperkara. Karena lurah masih menerapkan peraturan lama, sedangkan Perda yang sudah disahkan oleh DPRD belum juga keluar Perwalnya. Tapi masyarakat menuntut agar Perda segera diberlakukan dalam mengangkat dan memberhentikan Kepling. Selain itu, ada juga masalah pemekaran lingkungan, sudah layak dimekarkan karena terhalang Perwal sehingga batal dimekarkan. Padahal melihat luas wilayah dan besarnya jumlah penduduk, Kepling sulit menjangkau warganya.

Hal senada dikatakan Janses Simbolon, banyak lingkungan sudah melebihi kapasitas jumlah penduduk dan luas wilayah. Di Perda Nomor 9 Tahun 2017 ada diatur tentang pemekaran, wilayah yang sudah melebihi jumlah penduduknya dan luas kawasannya harus dimekarkan. Tapi karena belum terbit Perwal, maka belum bisa dilakukan pemekaran lingkungan.

Sementara itu, Ketua DPRD Medan Hasyim SE mengatakan, biarlah ditunggu dahulu keluar Perwalnya, karena itulah sebagai petunjuk teknisnya. Jadi, sebelum keluar Perwal Perda Nomor 9, lurah dan camat jangan ada dulu yang memberhentikan Kepling. “Sudah ada desakan dari masyarakat melalui dewan dan sudah menjadi perhatian Wali Kota Bobby Nasution,” kata Hasyim. (A8/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com