Masyarakat Tionghoa yang Sembahyang di Yasobas Diimbau Terapkan Prokes Covid-19

* Laporan Japet Arki Bangun, jurnalis hariansib.com

212 view
Foto Doc / Yayasan Yasobas
SEMBAHYANG : Masyarakat Tionghoa sembahyang Cengbeng di  Yayasan YASOBAS Tebingtinggi menerapkan prokes, Rabu (24/3).
Tebingtinggi (SIB)
Masyarakat Etnis Tionghoa yang melakukan upacara sembahyang Cengbeng di komplek pemakaman Yayasan Sosial Budiamal Sukhavati (Yasobas) di Kecamatan Padang Hilir diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

"Situasi saat ini masih pandemi Covid-19, kita imbau masyarakat yang bersembahyang mengikuti prokes Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah," kata Wakil Ketua Yasobas Tebingtinggi, Alin kepada wartawan, Rabu (24/3).

Lanjutnya, setiap yang berziarah ke pemakaman diwajibkan menggunakan masker, menghindari kerumuman, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas.

Alin menjelaskan, masyarakat yang ingin melakukan sembahyang Cengbeng sebelum ke pemakaman, awalnya mereka akan melakukan sembahyang di Pekong. Saat sembah yang di pekong kita imbau agar yang turun atau yang melakukan sembahyang 1 orang saja mewakili keluarga guna menghindari kerumunan orang banyak.

Menurut Alin, kepada masyarakat Tebingtinggi yang mau melakukan ibadah Cengbeng, pada tanggal 28 Maret dan tanggal 2 dan 4 April 2021 kita minta agar mengalah dululah sama warga yang dari luar kota. Karena pada hari libur itu kita beri kesempatan kepada orang luar kota saja yang beribadah agar kita bisa mengurai kepadatan pengunjung yang beribadah di lingkungan makam.

"Kita harus benar-benar menerapkan prokes Covid-19 yang dianjurkan pemerintah, jangan sempat kita melanggar aturan tersebut dibubarkan Satgas Covid Tebingtinggi, itu yang kita takutkan," kata Alin.

Ibadah sembahyang Cengbeng ini setiap tahunnya dilaksanakan warga Tionghoa. Banyak masyarakat berasal dari berbagai daerah melakukan sembahyang makam sebagai penghormatan kepada leluhur dan keluarga mereka. Karena pandemi Covid-19 yang masih mewabah, terpaksa pihak Yasobas memberikan imbauan tegas penerapan prokes Covid-19.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com