Medan Dapat WTN, Legislatif: Faktanya Jalanan Macet dan Traffic Light Banyak Padam


386 view
Medan (SIB) -Pemerintah Kota Medan diminta tidak berbangga diri meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Kategori Lalu Lintas dari Menteri Perhubungan. WTN itu harus menjadi "cambuk" bagi Kadishub Reward Parapat agar menjadikan kondisi lalu lintas di Kota Medan yang selama ini kacau dan macet menjadi benar-benar sesuai harapan masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung kepada wartawan, Kamis (2/2).

Piala WTN katanya harus jadi cerminan terkait manajemen lalulintas di Kota Medan untuk dibenahi. "Fakta yang kita lihat, jalanan di Medan ini masih macet. Masih banyak pula traffic light yang padam, kurangnya fasilitas CCTV di setiap ruas jalan. Kita berharap Pemko jangan cepat berpuas diri, terus berbenah guna perbaikan saranasarana yang ada," kata pimpinan Legislatif Medan itu.

Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan harus ada pemisahan tanggung-jawab terkait lalu lintas. Soal jalan juga tanggung-jawab Dinas PU (Pekerjaan Umum).

"Sarana khusus sepeda motor itu, tentu urusan Dishub. Tetapi pada dasaranya juga melibatkan unsur Polantas dan kesadaran pengguna jalan sendiri, beberapa titik tidak ada traffic light juga harus diperhatikan. Persoalan macet sebenarnya lebih kepada soal manajemen transportasi. CCTV harus konsisten dilakukan sebagai penegakan hukum apabila melanggar rambu lalulintas.

"Saya yakin tidak ada orang yang tidak bisa diatur. Khusus supir angkutan kota, kiranya lebih diintensifkan pembinaannya. Halte sudah ada di beberapa tempat, namun di beberapa titik terlihat kurang baik. Harusnya setiap halte ada petugas Polantas. Jadi ada efek jera ketika ada calon penumpang yang dikutip oleh bus lain," tuturnya. (A10/c)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com