November, Angkutan BTS Beroperasi di Kota Medan dan Berbayar


728 view
November, Angkutan BTS Beroperasi di Kota Medan dan Berbayar
Istimewa
Ilustrasi Bus BST
Medan (SIB)
Direktur PT Medan Bus Transport Djumongkas Hutagaol mengatakan angkutan massal berbasis Buy The Service (BTS) dijadwalkan beroperasi November 2020, dan akan berbayar seperti angkutan umum lainnya, tetapi untuk sementara di masa promosi akan digratiskan.

“Angkutan massal ini akan berbayar, tetapi di masa promosi digratiskan,” ujar Djumongkas Hutagaol selaku pemenang tender BTS kepada SIB, Kamis (8/10) di kantor PT Medan Bus, Jalan Menteng Indah Medan.

Dijelaskan, bila BTS beroperasi dengan gratis selamanya, tentu hal ini sama artinya membuat pemerintah akan bangkrut. “Jadi kami berharap dengan adanya angkutan massal program pemerintah ini mari kita sama-sama mendukungnya, karena tujuannya untuk membantu masyarakat dari pelayanan angkutan umum,” ujarnya.

Angkutan BTS di kota-kota besar di Indonesia bertujuan untuk mengurangi kemacetan jalan raya yang akhir-akhir ini sudah mengkhawatirkan. “Jadi tidak benar dengan hadirnya BTS akan memicu terjadinya konflik horizontal antara BTS dengan masyarakat yang selama ini menggantungkan hidupnya di angkutan umum,” katanya.

Karena pemerintah, sudah terlebih dahulu mengkaji dampak negatif dan positifnya, angkutan massal tersebut, dimana untuk tahap pertama akan beroperasi di 5 koridor, yang menggunakan 81 unit bus. Koridor 1 rute Terminal Pinang Baris-Lapangan Merdeka sepanjang 9,7 Km dengan 46 halte dan dilayani 11 unit bus.

Koridor 2 rute Lapangan Merdeka-Terminal Amplas sepanjang 9,6 Km dengan 56 halte dan dilayani 11 unit bus. Koridor 3 rute Belawan-Lapangan Merdeka sepanjang 24,1 Km dengan 112 halte dan dilayani 21 unit bus.

Koridor 4 rute Tuntungan-Lapangan Merdeka sepanjang 18,1 Km dengan 87 halte dan dilayani 17 unit bus. Koridor 5 rute Tembung-Lapangan Merdeka sepanjang 8,3 Km dengan 42 halte dan dilayani 10 unit bus.

“Jika angkutan BTS ini sukses, maka pemerintah akan kembali mengembangkan untuk koridor lainnya. Jadi mari kita sama-sama mendukung dalam kesuksesan angkutan massal berbasis BTS ini,” pungkasnya. (M12/d)
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com