Operasi Zebra Toba 2022 di Medan Dimulai Hari Ini, Polisi Hanya Berlakukan Tilang Elektronik


166 view
Operasi Zebra Toba 2022 di Medan Dimulai Hari Ini, Polisi Hanya Berlakukan Tilang Elektronik
Foto Dok/Polrestabes Medan
OPERASI ZEBRA TOBA: Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda meneyematkan pita kepada personel yang Tersprin Operasi Zebra Toba 2022 di Mapolrestabes Medan, Senin (3/10/2022).

Medan (harianSIB.com)

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda memimpin Apel gelar pasukan Operasi Kewilayahan Zebra Toba 2022, di Mapolrestabes, Senin (3/10/2202).


Kegiatan itu untuk cipta kondisi di bidang Kamseltibcar Lantas menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.


Turut hadir pada apel tersebut di antaranya, Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad, Wakapolrestabes Medan, AKBP Yudhi Hery Setiawan, Kejari Medan Wahyu Sabrudin, Kabag SDM Polrestabes AKBP Samsidar br Tambunan, Kasat Intelkam AKBP Ahyan, Kasat Lantas AKBP Sonny Wilfrid Siregar, Kasat Samapta Kompol Pardamean Hutahean.


Kapolsek jajaran, para Kasatgas Ops Zebra, para Kanit Lantas jajaran Polrestabes Medan, mewakili Kasat Pol PP Wandro Malau, mewakili Kadishub Kota Medan dan personel Tersprin Ops Zebra.


Valentino dalam arahannya kepada personel mengatakan saat ini tengah fokus melakukan penertiban kendaraan bermotor yang ada di wilayah hukum (wilkum) Polrestabes Medan.


Mengingat banyaknya lakalantas yang terjadi akibat ugal-ugalan di jalan raya.


Gelar pasukan Operasi Zebra Toba ini juga sekaligus cipta kondisi menjelang Natal dan Tahun 2023.


Kepada personel yang tersprint agar melaksanakan dengan baik.


"Pelaksanaan Operasi Zebra 2022 ini lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Artinya tidak ada penegakkan hukum secara stationer. Penegakkan hukum lalulintas dilakukan secara electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik," kata Valentino.


Lanjutnya, ada 7 prioritas pelanggaran dalam Operasi Zebra tersebut yakni, pengemudi atau pengendara sepeda motor yang menggunakan ponsel saat berkendara, yang masih di bawah umur, yang berboncengan lebih dari satu orang, yang tidak memakai helm atau tidak menggunakan sabuk pengaman.


"Pengemudi atau pengendara sepeda motor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol, yang melawan arus dan pengendara yang melebihi batas kecepatan," katanya.


Sambung mantan Dirlantas Polda Sumut itu, masyarakat bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas di jalan raya.


Harus mematuhi aturan yang ada saat mengendarai sepeda motor dan mobil.


"Kepada petugas agar selalu bersikap humanis kepada masyarakat. Upayakan jangan melakukan pelanggaran yang mencoreng institusi Polri khususnya Polrestabes Medan," pungkasnya. (A14)



Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com