Organda: Pengoperasian Angkutan BTS Diharapkan Berbayar Sehingga Tidak Menjadi ‘Predator’


193 view
Organda: Pengoperasian Angkutan BTS Diharapkan Berbayar Sehingga Tidak Menjadi ‘Predator’
KOMPAS/Agus Susanto
Ilustrasi angkutan umum
Medan (SIB)
Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Medan berharap pengoperasian angkutan massal berbasis pembelian layanan Buy The Service (BTS) agar berbayar, baik saat promosi sehingga keberadaannya tidak akan menjadi ‘predator’ kepada angkutan perkotaan yang selama ini sudah lama beroperasi.

Hal itu dikatakan Ketua Organda Kota Medan, Drs Mont Gomery Muthe saat menggelar pertemuan dengan para pengusaha angkutan kota di salah satu rumah makan, Minggu (18/10) terkait akan beroperasinya angkutan BTS di Kota Medan dengan tahap awal di 5 koridor.

Dijelaskan, DPC Organda Kota Medan telah melakukan rapat terbatas, yakni menerima keberadaan angkutan massal berbasis pembelian layanan BTS dengan syarat ketentuan, tidak memberlakukan tarif gratis sejak awal pengoperasiannya, melengkapi sarana dan prasarana angkutan sesuai sosialisasi awal. Melengkapi halte di setiap koridor sesuai dengan titik yang ditentukan dan Dinas Perhubungan Kota Medan memberikan revisi trayek angkutan kota menjadi angkutan perkotaan tanpa biaya retribusi, karena merupakan kompensasi atas kehadiran BTS.

Jika syarat dan ketentuan itu tidak diterapkan dalam pengoperasian angkutan massal BTS, maka DPC Organda Kota Medan dan anggotanya akan mengadakan delegasi ke Kantor Wali Kota dan DPRD Kota Medan.

Bila Wali Kota dan DPRD Kota Medan tidak memberikan tanggapan, maka DPC Organda Kota Medan dan anggotanya beserta ribuan sopir akan mengadakan aksi di Kantor Wali Kota dan DPRD Kota Medan.

“Rekomendasi ini merupakan peryataan sikap dari pengusaha angkutan kota yang tergabung di dalam Organda dan telah diteruskan kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Cg Dirjen Perhubungan Darat di Jakarta sebagai bahan pertimbangan pengoperasian angkutan massal BTS di Kota Medan nantinya,” ujarnya. (M12/d)
Penulis
: Redaksi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com