PMI Medan Terima Bantuan Mobil Jenazah dan Depot Disinfektan


239 view
PMI Medan Terima Bantuan Mobil Jenazah dan Depot Disinfektan
Foto: Dok/Dinas Kominfo Sumut
MOBIL: Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah (tengah) yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan menerima bantuan mobil jenazah dan depot disinfektan dari PT Askrida dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut di Kantor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu (27/1).
Medan (SIB)
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan menerima bantuan mobil jenazah dan depot disinfektan dari PT Askrida dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut. Bantuan untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Serah Terima Bantuan Mobil Jenazah dan depot disinfektan dilaksanakan di Kantor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu (27/1). Turut hadir Direktur Pemasaran PT Askrida Bunyamin, Dirut Bank Sumut Muhammad Budi Utomo, Camat Medan Timur Odie Batubara dan para undangan.

Wagub sangat mengapresiasi dukungan dan bantuan dari PT Askrida dan BPBD Sumut tersebut, karena sangat bermanfaat bagi operasional PMI di Kota Medan dan Sumut. Apalagi selama ini, keberadaan ambulans dan mobil jenazah yang tersedia di lembaga ini, mulai menjadi pilihan masyarakat khususnya yang kurang mampu dalam penyediaan kendaraan.

“PMI sudah melaksanaan pelayanan mobil jenazah dan ambulans gratis untuk masyarakat, khususnya di Kota Medan. Karena banyak yang meminta, terutama bagi pasien (keluarga pasien) yang kurang mampu dan tidak punya biaya untuk penggunaan ambulans dari rumah sakit (RS),” ujar Wagub.

Dengan bantuan dari PT Askrida berupa satu unit mobil jenazah ukuran besar, kata Wagub, maka armada untuk melayani masyarakat yang membutuhkan semakin bertambah. Langkah serupa pun diharapkan bisa diikuti pihak lainnya dalam rangka membantu masyarakat.

Begitu juga dengan depot disinfektan bantuan dari BPBD Sumut, yang diletakkan di tempat-tempat umum, menurut Wagub, akan memudahkan masyarakat untuk membersihkan atau mencuci tangan sebagaimana yang dianjurkan dalam protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Musa Rajekshah juga mengatakan, pelayanan donor darah sebagai peranan utama dari lembaga tersebut terus dilakukan semaksimal mungkin. Mengingat saat ini, kondisi pandemi Covid-19 membuat kegiatan utama mereka menjadi terbatas, karena tidak diperbolehkan mengumpulkan masa atau kerumunan.

“Memang sejak awal pandemi, PMI kesulitan dalam mendapatkan donor darah. Karena biasanya, digelar donor darah di mall, plaza, atau rumah ibadah. Tetapi karena pembatasan kegiatan di masa Covid-19 ini, kita meminta kepada berbagai lembaga untuk tetap melaksanakan donor darah dengan protokol kesehatan,” jelas Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Guna meningkatkan penerimaan donor darah, lanjut Ijeck, PMI mengedepankan aksi jemput bola. Sehingga instansi atau lembaga yang berkenan memberi sumbangan, diminta menyiapkan pendonor dari internal, agar tim PMI mendatang tempat tersebut.

Sementara Direktur Pemasaran PT Askrida Bunyamin menyampaikan, bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian perusahaan BUMN kepada masyarakat melalui PMI. Pihaknya berharap bantuan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Usai menerima secara simbolis, Wagub juga melihat langsung mobil jenazah yang disumbangkan PT Askrida di lokasi acara. (M11/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com