PP No18/2017 Sah Diberlakukan, Anggota DPRDSU Diwajibkan Mengembalikan Mobil Dinas

* Penggantinya Diberikan Dana Transportasi/Sewa Mobil Anggota Dewan Rp 15 Juta/Bulan

354 view
Medan (SIB) -Mulai diberlakukannya PP (Peraturan Pemerintah) No 18 tahun 2017 tentang Hak dan Keuangan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD terhitung Desember 2017, seluruh anggota legislatif diwajibkan untuk mengembalikan mobil dinas, karena biaya transportasi/sewa mobil untuk anggota legislatif sudah ditampung di anggaran dewan sebesar Rp15 juta/bulan dan tidak dibenarkan lagi memakai mobil dinas.

Hal itu juga diakui Bendahara F-PDI Perjuangan yang juga Wakil Ketua Komisi D Drs Baskami Ginting dan anggota FP Nasdem HM Nezar Djoely ST kepada wartawan, Senin (4/12) di DPRD Sumut seusai mengembalikan mobil dinas kepada Sekretariat DPRD Sumut.

Menurut informasi yang diperoleh di DPRD Sumut, setelah diberlakukannya PP No18 terhitung Desember 2017 ini, dari 100 anggota dewan baru sekitar 50 persen yang sudah  mengembalikan mobil dinas, di antaranya Analisman Zalukhu, Baskami Ginting, Wasner Sianturi, Nezar Djoeli dan sejumlah anggota dewan lainnya.

Nezar Djoeli dan Baskami Ginting saat dikonfirmasi mengakui sudah mengembalikan mobil dinas dan menandatangani surat serah terima pemulangan mobil dinas ke Sekreteriat DPRD Sumut.  "Baru saja saya mengembalikan mobil dinas dan menandatangani surat serah terima/pemulangan yang disodorkan staf sekretariat dewan," ujarnya.

Nezar Djoeli juga mengakui, tunjangan yang diterima anggota dewan berdasarkan PP No 18 tahun 2017 akan dicairkan setelah mengembalikan mobil dinas yang merupakan syarat penandatangan penerimaan uang trasportasi. "Mengembalikan mobil dinas sudah jadi keharusan bagi anggota dewan, karena untuk transportasi anggota dewan sudah dialokasikan sesuai PP No18/2017," ujarnya.

Anggota FP Golkar Leonard S Samosir mengakui belum menyerahkan mobil dinas, karena masih antre. "Saya belum mengembalikan, karena masih antre. Mungkin besok atau lusa," ujarnya memastikan.

Sebelumnya Kabiro Hukum Setdaprovsu Sulaiman ketika dikonfirmasi wartawan juga tidak membantah sudah diberlakukan PP No18 tersebut dan sudah bisa dicairkan dana transportasi bagi anggota dewan, sebagai pengganti mobil dinas. (A03/h)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com