PPK Diminta Teliti Mengawasi Petugas Pemutahiran Data Pemilih


248 view
Binjai (SIB) -Guna menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 yang akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai melakukan pembekalan ilmu kepemiluan, salah satunya menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Binjai.

Bimtek yang dilaksanakan di Aula Kemenag Kota Binjai berlangsung, Rabu (10/1) dihadiri seluruh komisioner KPU Kota Binjai, sekretaris beserta staf KPU Kota Binjai.

Bimbingan teknis yang beragendakan pemutahiran data dan daftar pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara untuk Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kota Binjai diikuti seluruh anggota PPK se-Kota Binjai berjumlah 25 orang.

Ketua KPU Kota Binjai Heri Dhani dalam kata sambutan saat membuka Bimtek menegaskan, Bimtek kali ini sangat penting diikuti seluruh anggota PPK se-Kota Binjai, karena ini menyangkut sukses tidaknya Pilgubsu yang akan datang.

Dikatakannya, data pemilih yang dihasilkan KPU merupakan data valid yang nantinya dapat digunakan penyelenggara Pemilu sebagai barometer sukses tidaknya. Jadi diharapkannya, PPK harus benar-benar dan teliti mengawasi tugas petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) yang tersebar di setiap kelurahan. Untuk diketahui, data kependudukan yang diperoleh KPU dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcatpil) belum valid betul, karena data itu merupakan data Pilkada 2015 lalu. Dalam tenggang waktu dua tahun sudah pasti data itu ada yang berubah.

Mengapa data yang ditampilkan KPU pada Pemilu sudah valid, karena data itu sudah dicoklit (pencocokan dan penelitian). Maka pihak swasta seperti perbankan masih mengunakan data dari KPU sebagai pedoman masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih.

Chaisal Andrio sebagai narasumber dalam kegiatan ini menyampaikan, pemutahiran data kali ini lebih serius dari Pilkada yang sebelumnya. Ini adalah awal dan kunci Daftar Pemilih Tetap (DPT)  Pileg 2019 yang akan datang. (A25/h)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com