Kamis, 25 Juli 2024

Pabrik AQUA Langkat Berdayakan Masyarakat Bertani Ramah Lingkungan

Redaksi - Kamis, 21 September 2023 13:20 WIB
247 view
Pabrik AQUA Langkat Berdayakan Masyarakat Bertani Ramah Lingkungan
Foto: Dok/AQUA
BERDAYAKAN PETANI: Pabrik AQUA Langkat memberdayakan masyarakat bertani ramah lingkungan di Desa Pasar VI Kwala Mencirim, Sei Bingai. 
Stabat (SIB)
Sejumlah penduduk Desa Pasar VI Kwala Mencirim, Kecamatan Sei Bingai yang tergabung dalam Kelompok Tani Sehat belajar bersama bagaimana menjalankan sistem pertanian ramah lingkungan di atas laham seluas 3.200 m2 di tepi Jalan Raya Binjai-Namu Ukur.

"Kami berkumpul di sini dua kali seminggu, belajar bersama bagaimana membuat pupuk organik dan mengelola tanaman secara organik, kemudian menerapkan di lahan masing-masing, " ujar Supriyanto (54 tahun), salah seorang warga.

Kelompok Tani Sehat terbentuk sejalan dengan pengenalan program pertanian ramah lingkungan untuk masyarakat desa Pasar VI Kwala Mencirim, Sei Bingai, Kabupaten Langkat oleh Pabrik AQUA Langkat dengan mitra pelaksana Sources of Indonesia (SOI) pada 2019.

Para petani diajarkan membuat kompos padat dan kompos cair dengan memanfaatkan kotoran ternak. Kemudian dilanjutkan pengelolaan tanaman padi secara ramah lingkungan dengan menggunakan pupuk yang berasal dari bahan-bahan alamiah pada 2020.

Awalnya para petani tidak percaya bahkan pesimis, bahwa tanpa menggunakan pupuk kimia yang sudah puluhan tahun mereka pakai, akan memberi hasil yang serupa kuantitasnya dengan memakai pupuk organik. Terbukti setelah pengenalan metode Sekolah Lapang dengan System of Rice Intensification (SRI) hasil yang diperoleh justru menyamai hasil panen biasa dan cenderung meningkat.

Program pemberdayaan masyarakat Pabrik AQUA Langkat melalui kegiatan pertanian ramah lingkungan ini diteruskan pada 2021 hingga saat ini dengan mendorong pertanian hortikultura dengan komoditas tomat, cabai, jagung, melon, dan lain-lain sebagai bahan belajar kelompok.

Stakeholder Relations Manager Pabrik AQUA Langkat Jimmi Simorangkir mengatakan, kegiatan pertanian ramah lingkungan ini bertujuan membantu masyarakat di sekitar pabrik AQUA Langkat di desa Pasar VI Kwala Mencirim & Desa Namu Ukur Utara agar dapat meningkatkan perekonomian melalui peningkatan hasil pertanian yang dikelola secara ramah lingkungan.

Para petani di sekitar Pabrik AQUA Langkat kini tampak lebih bersemangat. Mereka dapat mencari nafkah melalui sektor pertanian dengan menggunakan bahan-bahan alamiah yang berasal dari lingkungan sekitar dan dimanfaatkan untuk kebaikan alam juga.

Sementara itu untuk para ibu-ibu, Pabrik AQUA Langkat dengan mitra pelaksana Yayasan Sources of Indonesia juga punya program tersendiri.

“Kami mengedukasi, mendampingi, dan membentuk sebuah Kelompok Pertanian Pekarangan Ramah Lingkungan yang didominasi oleh kaum perempuan yang diberi nama Kelompok Pekarangan Ibu Kreatif (PIK). Kelompok ini berdiri sejak tahun 2020, mulanya kami hanya mengajak ibu-ibu mengelola sampah rumah tangga menjadi eco enzyim, yang dapat dimanfaatkan untuk tanaman pekarangan rumah mereka ” ujar Direktur Eksekutif Sources of Indonesia Renta Morina E. Nababan.

"Program bertani ramah lingkungan ini jelas memperlihatkan bahwa Pabrik AQUA Langkat bukan hanya sibuk menghasilkan air minum dalam kemasan yang berkualitas tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan, namun juga menjalankan berbagai kegiatan yang membawa dampak positif untuk lingkungan sekitar dan sekaligus ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas External Relations Danone-AQUA Wilayah Sumatera, Wirnos.(rel/R4/c)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pabrik Aqua Langkat Bantu Pemkab Vaksinasi Massal Warga Sei Bingai
komentar
beritaTerbaru