Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Edukasi Menjadi Salah Satu Solusi


402 view
Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Edukasi Menjadi Salah Satu Solusi
(Foto: Dok/Shesilia)
BAGIKAN POSTER: Shesilia Putri Omega Tampubolon, mahasiswi Undip yang KKN di  Kecamatan Medan Barat Kota Medan membagikan poster edukasi untuk mencegah Covid-19. 
Medan (SIB)
Pandemi Covid-19 masih menjadi fokus utama pembicaraan saat ini. Segala bentuk kegiatan disesuaikan, bahkan ada yang diberhentikan demi mencegah penyebaran Covid-19. Namun pandemi Covid-19 ini tidak menghalangi keberlangsungan kegiatan KKN tim 1 Universitas Diponegoro (Undip) 2021 dan mahasiswa juga tetap semangat untuk mengabdi ke masyarakat.

Shesilia Putri Omega Tampubolon, mahasiswi Undip KKN mulai 4 Januari sampai 16 Februari 2021 di Kecamatan Medan Barat, Kelurahan Karang Berombak, Kota Medan mengatakan, Senin (1/2) berbagai cara dilakukan pemerintah, memberikan imbauan hingga melakukan pembatasan atau menutup tempat-tempat umum dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, namun pada realitanya angka kasus Covid-19 masih terus meningkat.

Pencegahan utama Covid -19 seperti di rilis Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) adalah mencuci tangan dengan benar secara rutin, tidak menyentuh area mata, hidung dan mulut, menjaga jarak dan mengonsumsi makanan bergizi.

Tindakan pencegahan Covid-19 sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, namun tidak akan efektif bila tidak menjadi kebiasaan karena tingkat kesadaran yang rendah.

Berdasarkan observasi, meskipun sudah disediakan sarana untuk mencegah Covid-19, masyarakat belum melakukan dan menggunakannya dengan baik dan benar. Contoh yang paling mudah terlihat adalah menggunakan masker dan cuci tangan yang dilakukan. Sebagian besar belum menggunakan masker dan belum mencuci tangan dengan benar.

Oleh sebab itu, mahasiswi Undip membuat program mengenai edukasi penggunaan masker dan cuci tangan yang benar kepada masyarakat sekitar terlebih anak-anak. Edukasi secara door-to-door dengan memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, cuci tangan yang benar serta menggunakan poster edukasi lalu membagikan masker serta vitamin c.Selain mencuci tangan yang benar, gizi yang tercukupi juga merupakan kunci untuk mencegah Covid-19, mengingat Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, sehingga proses penyembuhannya memerlukan sistem imun yang kuat.

Hal ini juga diperhatikan mahasiswa Undip dalam kegiatan KKN, serta mendukung program pemerintah pusat dan daerah setempat yaitu mengenai kampanye PHBS (Perilaku hidup bersih dan sehat).

“Edukasi PHBS mencakup bagaimana keadaan rumah sehat, pola makan yang sehat, kondisi air dan sanitasi lingkungan, serta pengetahuan mencuci tangan yang benar. PHBS pada rumah tangga sendiri sebagai awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat. Warga memberikan respon positif saat diberikan edukasi dan sebagian besar sudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya. (M01/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com