Ketua DPRD SU Tekankan Pentingnya Netralitas TNI dan Polri Pada Pemilu 2024

Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut Tetap Komit Jaga Stabilitas Pelaksanaan Pemilu


224 view
Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut Tetap Komit Jaga Stabilitas Pelaksanaan Pemilu
(Foto: Dok/Baskami)
PEMILU DAMAI: Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting dan  Kajati Sumut Idianto SH tetap komit untuk menjaga stabilitas keamanan Pemilu 2024. 
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menekankan pentingnya netralitas TNI dan Polri dalam rangka menyongsong Pemilu 2024, demi berlangsungnya pesta demokrasi yang jujur dan adil, tanpa intervensi.
Hal tersebut disampaikan Baskami Ginting kepada wartawan, Kamis (9/11), di DPRD Sumut seusai mengikuti apel bersama untuk pengamanan Pemilu 2024 Kodam I/BB dan deklarasi Pemilu di Lapangan Benteng Medan.
"Kita sangat bangga TNI dan Polri berkomitmen menjaga netralitas Pemilu 2024, sehingga diharapkan para peserta Pemilu, yakni partai politik menjalankan pesta demokrasi secara damai," tandas Baskami.
Diungkapkan politisi PDI Perjuangan Sumut ini, menang dan kalah dalam pesta demokrasi itu biasa dan sudah menjadi risiko dalam perjuangan. Jangan sampai kekalahan dijadikan alasan untuk "merecoki" kedamaian.
"Mari kita laksanakan pesta demokrasi ini dengan penuh kebahagiaan. Semua pihak harus menjaga diri, senantiasa tetap dalam suasana rukun walaupun berbeda pandangan politik," tegasnya sembari mengajak semua pihak, jangan merusak tatanan masyarakat Sumut yang majemuk hanya gara-gara beda pilihan.
Sementara itu, apel bersama untuk pengamanan Pemilu 2024 Kodam I/BB dan deklarasi Pemilu damai tersebut terlihat dihadiri Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Kajati Sumut Idianto SH dan sejumlah pejabat lainnya. Apel bersama tersebut juga mempertunjukkan simulasi pencegahan dan pengamanan ekskalasi massa pada Pemilu 2024 oleh TNI/Polri.
Pangdam I/BB Mayjen Mochammad Hassan dalam sambutannya mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen berupaya jaga stabilitas pelaksanaan Pemilu. "TNI AD dalam hal ini siap mengamankan Pemilu bersama unsur TNI lainnya dan Polri. Sumut ini jadi barometer nasional, sehingga keamanan ini menjadi tanggung-jawab kita bersama," jelasnya.
Bahkan, kata Pangdam/BB, pihaknya telah menyiapkan 2.437 personil dan 260 alutsista untuk membantu Polri di wilayah Sumut, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, untuk melakukan Pengamanan (PAM) Pemilu 2024. "Sedangkan untuk wilayah Sumut, Kodam I/BB menurunkan 1.209 personil dengan 53 alutsista," ujarnya sembari mengajak seluruh pihak untuk tetap ikut berperan menciptakan Pemilu damai.
Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi mengatakan, langkah persiapan pengamanan Pemilu oleh TNI dan Polri berjalan efisien, tepat dan cepat. "Kami akan memastikan keamanan akan terus dijaga. Dinamika masyarakat akan kita pastikan dalam keadaan aman dan lancar, mohon dukungannya," pungkasnya. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com