Parlindungan Purba Berdialog dengan Sejumlah Tenaga Kesehatan di Sumut


172 view
Parlindungan Purba  Berdialog dengan Sejumlah Tenaga Kesehatan di Sumut
Foto: Dok/PP
Foto Bersama : Tokoh masyarakat Sumut, Parlindungan Purba foto bersama dengan sejumlah tokoh kesehatan Sumut hsai silaturahmi di Medan. 
Medan (harianSIB.com)
Tokoh masyarakat Sumatera Utara Df Parlindungan Purba, SH, MM bersilaturahmi dan berdialog dengan sejumlah tokoh yang tergabung dalam Asosiasi Tenaga Mesehatan Kota Medan, Senin (12/2/2024) di Medam
Hadir dalam pertemuan ini, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Medan dr Ery Suhaymi SH, MH, MKed(Surg), SpB, FINACS, FICS, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Spt Asyrun Alkhairi Lubis M. Farm, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Ns Jefri Banjarnahor SKep, MKep dan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bdn Rohma Sitanggang SKM. MKM serta Apt Asyrun Alkhairi Lubis M. Farm.
Kepada wartawan, Parlindungan Purba menjelaskan, dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa point penting terkait kendala-kendala yang terjadi di bidang tenaga kesehatan.
“Jadi tadi yang kami bicarakan ini ada beberapa hal, salah satunya menyangkut regulasi-regulasi yang dinilai tak sesuai. Untuk mencari solusinya, sebaiknya melibatkan organisasi profesi sebagai upaya untuk menjaga etika, dan pembinaan, dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan para tenaga kesehatan,” ungkap Parlindungan
Parlindungan juga berharap, dari pertemuan yang dilakukan bisa dicarikan solusi yang tepat terhadap kendala-kendala yang dihadapi oleh tenaga kesehatan apalagi saat ini UU 17/ 2023 tentang kesehatan telah mencabut 11 UU diantaranya tentang tenaga kesehatan.
“ Ini yang akan kita coba tindaklanjuti, karena ini berhubungan dengan regulasi secara nasional, maka akan kita coba perjuangkan semaksimal mungkin, hingga ke pusat, kita juga berharap dalam peraturan pelaksanaanya dapat meminta masukan terlebih dahulu kepada organisasi-organisasi profesi yang terkait,” jelas mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Sumatera ini.
Parlindungan Purba berkomitmen untuk bersama-sama dengan seluruh tenaga kesehatan dalam memperjuangkan kesejahteraan tenaga kesehatan, mningkatkan peran organisasi profesi sebagai penjaga kode etik tenaga kesehatan.
Dia juga menyatakann, menolak kapitalisasi kesehatan di Indonesia serta mendorong seluruh pemangku kebijakan agar melibatkan tenaga kesehatan dalam menentukan arah kebijakan.
Hal ini bertujuan agar terjadinya kepastian hukum bagi seluruh tenaga kesehatan dan menjamin kualitas pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat. (*)


Penulis
: Rel/ Eva R Pelawi
Editor
: Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com