Pelopor Muda Peringati Hari Kesaktian Pancasila dengan Diskusi Antikorupsi


253 view
Medan (SIB)- Institusi Pelopor Muda memeringati Hari Kesaktian Pancasila dengan ragam kegiatan. Satu di antaranya adalah diskusi antikorupsi dengan melibatkan pelajar.

Direktur Pelopor Muda Hotmartua Sipangkar mengatakan, kegiatan dilakukan tiap pekan dan pada agenda akhir September dipusatkan di Kompleks SMA Swasta Katolik St Thomas 2 Medan pada Minggu (30/9)
Dalam kelas antikorupsi diberi pembekalan sesuai undang-undang dan dilanjutkan diskusi yang terdiri dari 6 kelompok dengan 6 personil.

Divisi Riset dan Pendidikan Pelopor Muda Agus Andreas Tampubolon memberikan tugas tentang pengertian korupsi dan faktor penyebab korupsi yang nantinya akan dipresentasikan para pelajar.

Untuk meningkatkan semangat edukasi, Pelopor Muda memberikan hadiah bagi para pelajar yang berani memaparkan hasil tugasnya. "Kegiatan diadakan berkelanjutan. Khusus satu tema berlangsung selama 9 kali setiap minggu di hari Sabtu," tambah Hotmar Sipangkar sambil mengatakan kegiatan lebih ditekankan pada diskusi. Untuk di akhir September yang memberi masukan termasuk Divisi Pendidikan dan Riset Agus Tampubolon, Divisi Kampanye Toni dan Lucia Damanik, Divisi Hukum Swingkel.

Agus menjelaskan, proyek wajib dikerjakan oleh peserta ialah berupa video, infografis, tulisan. "Yang untuk video dan infografis tersebut akan kita lombakan sementara yang tulisan itu akan kita bukukan," jelasnya sambil mengatakan di puncak kegiatan Pelopor Muda akan menghadirkan perwakilan dari KPK dan Ombudsman.

Elpin Rajagukguk dan Alihandro Hutagalung dua perwakilan peserta, merespon baik dengan kehadiran pelopor muda dalam membuka kelas antikorupsi. (R10/q)


Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com