Pemko Diminta Fasilitasi RSU di Medan Labuhan Agar Bisa Maksimal Melayani Masyarakat

* Tidak Cukup Hanya Bangunan, Tapi Harus Dilengkapi Alkes

226 view
Pemko Diminta Fasilitasi RSU di Medan Labuhan Agar Bisa Maksimal Melayani Masyarakat
Foto Dok/Syaiful Ramadhan
Syaiful Ramadhan

Medan (SIB)

Dibangunnya Rumah Sakit Umum (RSU) di Kecamatan Medan Labuhan patut diapresiasi, karena akan semakin dekat melayani masyarakat terutama di daerah itu. Pembangunannya harusnya dibarengi dengan ketersediaan alat-alat kesehatan (Alkes) guna menunjang pengoperasiannya di tahun 2021.

“Selain bangunan, yang paling penting juga harus ada Alkes agar masyarakat yang berobat bisa terlayani di RSU itu, tanpa harus dirujuk ke rumah sakit lainnya akibat tidak lengkapnya fasilitas,” ujar Anggota F-PKS DPRD Medan Syaiful Ramadhan kepada wartawan, Rabu (25/11).

Untuk itu F-PKS DPRD Medan patut mengacungkan jempol untuk Pemko yang telah mendirikan RSU itu, ujarnya seraya menyebutkan masyarakat khususnya Medan Utara berharap RSU itu segera beroperasi di tahun 2021.

Namun, disebutkan Syaiful, di tahun 2021, di Dinas Kesehatan dianggarkan hanya Rp 15 miliar untuk pembukaan RSU itu, sedangkan kebutuhannya mencapai Rp 75 miliar, ujarnya.

"Karenanya diingatkan agar pembelian Alkes dengan pembukaan operasional RSU tidak terlalu lama, sehingga dipastikan kondisi alatnya masih dalam kondisi baik," jelasnya.

Selain RSU di Medan Labuhan, F-PKS juga menyoroti RS Pirngadi yang merupakan milik Kota Medan yang dirasa perlu ditingkatkan pelayanannya sehingga masyarakat semakin terlayani kalau berobat di sana.

Keberlangsungan RS Pirngadi ini merupakan tanggungjawab Pemko Medan. Apalagi, RS Pirngadi sebagai BLUD memiliki mekanisme sendiri dalam mengelola keuangannya. Dalam pasal 5 ayat 5 pp nomor 23 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan disebutkan, BLUD dapat mengajukan penambahan anggaran dalam hal terjadi kekurangan anggaran dari APBD. Jadi sangat tepat jika Pemko membantu RS Pirngadi dalam bentuk barang dan jasa mengingat kondisinya yang sangat memprihatinkan, jelasnya.

F-PKS juga mengingatkan pihak RS Pirngadi untuk membuat bisnis plan yang jitu dan efisiensi anggaran setiap tahunnya. Selain itu perlu dibuat perencanaan yang baik untuk meningkatkan pelayanan publik agar warga Medan percaya untuk berobat ke RS milik Pemko Medan ini, pungkasnya. (M13/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com